Kepraktisan Aplikasi Android Materi Dongeng Kelas 3 SD Berbasis Kearifan Lokal dan Permainan Bahasa

Authors

  • Rian Damariswara UNP KEDIRI
  • Karimatus Saidah

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15252

Keywords:

Android, Fairy Tales, Local Wisdom, Language Games

Abstract

Aplikasi android merupakan hasil pengembangan multimetia interaktif berbasis android. Dalam aplikasi tersebut memuat materi dongeng kelas 3 SD yang berbasis kearifan lokal Jawa Timur dan permainan bahasa sebagai pola penyusun materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepraktisan aplikasi android materi dongeng berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kepraktisan dan wawancara. Hasil penelitian kepraktisan aplikasi android materi dongeng kelas III SD berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa memperoleh skor 93,8%. Skor tersebut dikategorikan dalam sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Arifin. 2017. Penerapan Permainan Bahasa (KATARIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 1 Metro Pusat. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9, No.2, Juli 2017 Hal: 75-83. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/7024

Akbar, Sa’dun. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Azizah, Aida, dkk. 2017. Pembelajaran Apresiasi Dongeng sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. Mei 2017. Unissula.

Creswell, J. W. (2012). Educational research, Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research (4th ed.). pearson.

Damariswara, Rian. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy.

Damariswara, Rian dan Karimatus Saidah. 2020. Pengembangan Permainan Bahasa Berorientasi Kearifan Lokal Jawa Timur di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol. 9 No. 1 Hal. 137- 147. https://journal.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/127

Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gusal, La Ode. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara. Jurnal Humanika Vol.3 No 15. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/611

Habsari, Zakia. 2017. Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Vol. 1, No.1, April 2017, Hal: 21-29. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/703

Huang, R., Chen, G., Yang, J., & L. (2013). The new Shape of Learning: Adapting to Social Changes in The Information Society. (R.Huang &J.M Spector (ed.)). Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-642-32301-0_1

Irsan, Muhammad. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android untuk Mendukung Kinerja di Instansi Pemerintahan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Vol. 3, No. 1 Maret 2015 Hal 115-120. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/9984

Karmila, Mila, dkk. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa Peningkatan Kreativias Anak. Jurnal Pendidikan PAUDIA, Vol. 1, No.1, 2011, 124-146. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/263

Khotimah, Chusnul, dkk. 2020. Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Sekolah Rakica di SDN Taman Ciruas Permai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol.6 No. 1 Juli 2020. Hal 146-162. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14424

Ngalimun dan Alfulaila, N. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nurani, Riga Zahara. 2017. Pengaruh Strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) Berbantuan Media Audio terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, Vol. 1, No.2, 79-86. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/16166

Priyatna, Muhamad. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, Juli 2016. 1311-1321. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6

Safaat, Nasruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Saidah, Karimatus dan Rian Damariswara. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur bagi Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Premiere Educandum. Vol. 9 No. 1 Hal 73-81 Juni 2019. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/4320

Sibarani, R. 2014. Kearifan Lokal Gotong-Royong pada Upacara Adat Etnik Batak. Medan: Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara

Shufa, Naela Khusna Faela. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1, No.1, Februari 2018, Hal: 48-53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316

Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1307

Wahyuddin, Wisrawaty. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal Bastra, Vol.1, No. 1 Maret 2016. Hal:1-21. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1060

Winata, Anggun, dkk. 2020. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dengan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol.6 No. 1 Juli 2020. Hal 1-11. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14523

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasa Vol.5 no.1 r. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/1306

PlumX Metrics

Published

2021-01-31

How to Cite

Damariswara, R., & Saidah, K. . (2021). Kepraktisan Aplikasi Android Materi Dongeng Kelas 3 SD Berbasis Kearifan Lokal dan Permainan Bahasa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 197–207. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15252

Most read articles by the same author(s)