Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan germane cognitive load (GCL) siswa ditinjau dari gaya belajar matematis siswa dengan metode kontekstual di smk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang bergaya belajar interpersonal, mastery, understanding, dan self-expressive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur skema pada siswa dengan gaya belajar interpersonal ini sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, maka pada siswainterpersonal terjadi proses asimilasi (2) sebagian struktur skema pada siswa dengan gaya belajar mastery ini tidak sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, ini menyebabkan terjadinya proses akomodasi (3) pada siswa understanding proses konstruksi pengetahuannnya di LTM dalam memahami soal kontekstual tidak bekerja dengan maksimum, hal ini disebabkan karena modifikasi struktur kognitif yang dimilki sebelumnya. (4) dan struktur skema pada siswa self-expressive tidak sesuai antara skema lama dengan skema baru, ini menyebabkan skema lama tidak dapat menyerap skema baru sehingga pada self-expressive terjadi proses akomodasi skema.
References
for education technologi.
Chatib, Munif. (2015). Sekolahnya manusia.Jakarta. PT. Mizan Pustaka (Cetakan ke-1
edisi diperkaya)
Fitraning Tyas Puji Pangesti, “Efek Cognitive Load Theory dalam Mendesain Bahan Ajar
Geometri,” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika
(Yokyakarta :UNY Yogyakarta 2015).
Gardner, .1993. Multiple Intellegences. Teaching Education. Vol 7.
Gufron, M.N., Risnawati, R. 2010. Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yokyakarta: Pustaka
belajar.
Hendrayana, A. 2017. Mengatasi Cognitive Load pada Anak. Serang : FKIP Untirta
Publishing.
Honey, P. & Mumford, A. 2000. The learning styles helper’s guide. Maindenhead. Peter
Honey Publications Ltd.
Kalyuga, S. 2010. Cognitive Load Theory: Schema Acquistion and Sources of Cognitive
Load”, Cambridge: Cambridge University Press.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License