Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Ektin Ardayeni Pascasarjana untirta
  • Yuyu Yuhana Universitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Hendrayana Universitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727

Keywords:

: germane cognitive load; interpersonal; mastery; understanding dan self-expressive learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan germane cognitive load (GCL) siswa ditinjau dari gaya belajar matematis siswa dengan metode kontekstual di smk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang bergaya belajar interpersonal, mastery, understanding, dan self-expressive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur skema pada siswa dengan gaya belajar interpersonal ini sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, maka pada siswainterpersonal terjadi proses asimilasi (2) sebagian struktur skema pada siswa dengan gaya belajar mastery ini tidak  sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, ini menyebabkan terjadinya  proses akomodasi (3) pada siswa understanding proses konstruksi pengetahuannnya di LTM dalam memahami soal kontekstual tidak bekerja dengan maksimum, hal ini disebabkan karena  modifikasi struktur kognitif yang dimilki sebelumnya. (4) dan struktur skema pada siswa self-expressive tidak sesuai antara skema lama dengan skema baru, ini menyebabkan skema lama tidak dapat menyerap skema baru sehingga pada self-expressive terjadi proses akomodasi skema.

References

Cooper, G. (1990). Cognitive load theory as an old for intruction design. Australia journal
for education technologi.

Chatib, Munif. (2015). Sekolahnya manusia.Jakarta. PT. Mizan Pustaka (Cetakan ke-1
edisi diperkaya)

Fitraning Tyas Puji Pangesti, “Efek Cognitive Load Theory dalam Mendesain Bahan Ajar
Geometri,” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika
(Yokyakarta :UNY Yogyakarta 2015).

Gardner, .1993. Multiple Intellegences. Teaching Education. Vol 7.

Gufron, M.N., Risnawati, R. 2010. Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yokyakarta: Pustaka
belajar.

Hendrayana, A. 2017. Mengatasi Cognitive Load pada Anak. Serang : FKIP Untirta
Publishing.

Honey, P. & Mumford, A. 2000. The learning styles helper’s guide. Maindenhead. Peter
Honey Publications Ltd.

Kalyuga, S. 2010. Cognitive Load Theory: Schema Acquistion and Sources of Cognitive
Load”, Cambridge: Cambridge University Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-05-30

How to Cite

Ardayeni, E., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2019). Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 26–35. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727