Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math

  • Anggitia Lutfiana Dewi Universitas Pancasakti Tegal
  • Eleonora Dwi Wahyuningsih Universitas Pancasakti Tegal
  • Dian Nataria Oktaviani Universitas Pancasakti Tegal
Abstract views: 922 , PDF downloads: 793
Keywords: Model Pembelajaran Murder, Puzzle Math, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM. 2) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER berbantuan puzzle math lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 183  peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM dengan KKM 55 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 80%,  2) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata kelas eksperimen 71,74 dan rata-rata kelas kontrol 39, 19.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Murder; Puzzle Math; Pemahaman Konsep Matematika.

References

Anggraini, B. L. S., Wendra, I. W., & Putrayasa, I. B. (2017). Penggunaan model pembelajaran kooperatif murder untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi kelas X IPB di madrasah aliyah negeri patas tahun ajaran 2016-2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2), 1-11

Ayunani, M. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe murder (mood, understand, recall, degest, expand, review) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP negeri 16 palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(1).

Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2016). Peningkatan keaktifan dan kemampuan berhitung melalui media puzzle pada anak. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 92-105. http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1177

Darmika, N. K., Suma, K., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif murder terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). 1-12

Daryanto dan Syaiful Karim. (2016). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Hamdani. (2011). Strategi pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA sma negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Sarastini, N. K. D. D., Rasana, I. D. P. R., & Made Sulastri, M. P. (2014). Pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD di gugus I kecamatan buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). 1-10

Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas Penggunaan game edukasi berjenis puzzle, RPG dan Puzzle RPG sebagai sarana belajar matematika. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(2), 195-205.

Jatmiko, J., & Fiantika, F. (2017). Perangkat Pembelajaran 4D Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1). 8-10. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/780

Kurniasih, N., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2016, November). Pengembangan puzzegi (puzzle segi empat) sebagai media pembelajaran matematika pada siswa tuna netra. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Mustaqim, B., Riyadi, & Sujadi, I. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Mood Understand Recall Detect Elaborate Review (murder) Pada Materi Pokok Logaritma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK se Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3).

PlumX Metrics

Published
2019-05-31
How to Cite
Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12397