Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 8 MTs Negeri Termas Kecamatan Baron Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Pendekatan Model Arias

Authors

  • Komari Komari MTs Negeri Termas Baron

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12548

Keywords:

Model Arias, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran ARIAS daapt meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8 MTs Negeri Teras Baron Kabupaten nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampe sebanyak 24 siswa dari MTs Negeri Termas Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik pengamatan dan catatn lapangan, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) menggunakan pendekatan Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan pemahaman persamaan garis lurus siswa kelas 8; 2) menggunakan pendekatan Model pembelajaran ARIAS, materi persamaan garis lurus lebih tertanam pada ingatan siswa, karena pengertian konsep tersebut diperoleh melalui konsep penemuan sendiri; 3) hasil belajar siswa lebih mengingkat di bandingkan dengan menggunakan pembelajaran tersebut; 4) aktivitas guru dalam memberikan pelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih aktif dari sebelumnya.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Bloom, B. S. (1982). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill.

Dahar, R. W. (1986). Interaksi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: UT.

Gani, A. (1997). Manpower Training on the Line- An Exploratory Study. Manpower Journal, 33(3), 27–40.

Semiawan, C. R. (1991). Strategi pembelajaran efektif dan efisien. In C. R. Semiawan & Soedijarto (Eds.), Mencari Strategi pengembangan pendidikan nasional menjelang abad XXi (pp. 165–175). Jakarta: Grasindo.

Sopah, D. (1988). Pengaruh model pembelajaran ARIAS dan motivasi berprestasi terhadap hasi belajar siswa,. IKIP Jakarta.

Suryabrata, S. (1982). Perkembangan individu. Jakarta: Rajawali.

Tilawa, I. S., & Pramukantoro, J. . (2013). Penerapan Strategi Belajar Assurance, Relevance, Interest, Assesment Dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Standart Kompetensi Membuat Rekaman Audio Di Studio Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1), 89–94. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/798

Wijaya, C., & Rusyan, A. . (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published

2018-11-11

How to Cite

Komari, K. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 8 MTs Negeri Termas Kecamatan Baron Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Pendekatan Model Arias. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 132–142. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12548