Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 8 MTs Negeri Termas Kecamatan Baron Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Pendekatan Model Arias
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12548Keywords:
Model Arias, Hasil Belajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran ARIAS daapt meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8 MTs Negeri Teras Baron Kabupaten nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampe sebanyak 24 siswa dari MTs Negeri Termas Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik pengamatan dan catatn lapangan, teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) menggunakan pendekatan Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan pemahaman persamaan garis lurus siswa kelas 8; 2) menggunakan pendekatan Model pembelajaran ARIAS, materi persamaan garis lurus lebih tertanam pada ingatan siswa, karena pengertian konsep tersebut diperoleh melalui konsep penemuan sendiri; 3) hasil belajar siswa lebih mengingkat di bandingkan dengan menggunakan pembelajaran tersebut; 4) aktivitas guru dalam memberikan pelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih aktif dari sebelumnya.
References
Bloom, B. S. (1982). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill.
Dahar, R. W. (1986). Interaksi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: UT.
Gani, A. (1997). Manpower Training on the Line- An Exploratory Study. Manpower Journal, 33(3), 27–40.
Semiawan, C. R. (1991). Strategi pembelajaran efektif dan efisien. In C. R. Semiawan & Soedijarto (Eds.), Mencari Strategi pengembangan pendidikan nasional menjelang abad XXi (pp. 165–175). Jakarta: Grasindo.
Sopah, D. (1988). Pengaruh model pembelajaran ARIAS dan motivasi berprestasi terhadap hasi belajar siswa,. IKIP Jakarta.
Suryabrata, S. (1982). Perkembangan individu. Jakarta: Rajawali.
Tilawa, I. S., & Pramukantoro, J. . (2013). Penerapan Strategi Belajar Assurance, Relevance, Interest, Assesment Dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Standart Kompetensi Membuat Rekaman Audio Di Studio Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1), 89–94. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/798
Wijaya, C., & Rusyan, A. . (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License