Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Ruang

  • koryna aviory universitas pgri yogyakarta
Abstract views: 312 , PDF downloads: 217
Keywords: CTL, Contextual Teaching and Learning, pemahaman konsep

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Geometri Ruang. Sampel penelitian adalah A1 yang dikenai model pembelajaran CTL dan A3 yang dikenai model pembelajaran kooperatif. Sebelum dilakukan penelitian, kedua kelas dilakukan uji kesetimbangan dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari uji kesetimbangan menyatakan bahwa kelas dalam keadaan setimbang, dengan p-value = 0,271 > = 0,05. Data posttest dianalisis dengan statistik parametrik (independent sample t-test), dengan asumsi normal dan homogen. Hasil penelitian dengan statistik uji t-test menyatakan bahwa rerata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rerata kelas kontrol, p-value = 0,008 < = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning  (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada mata kuliah Geometri Ruang.

Kata kunci : CTL dan pemahaman konsep

References

Ayudia Permata Sari. (2014). “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Untung dan Persentase Untung”. Universitas Sriwijaya. Vol 8 No 2.
Dea Handini, Diah Gusrayani, dkk. (2016). “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya”. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 1 No 1 pp 451-460.
Devira Ayu, Toto Bara, dkk. (2015). “Analisis Deskriptif Soal Matematika pada Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/SMK Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember”. Kadikma. Vol 6 No 2 pp 131-146.
Nurdin. (2009). “Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol IX No 1 pp 109-122.
Oktiana Dwi Putra, Rusdy Siroj, dkk. (2010). “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang”. Universitas Sriwijaya. Vol 4 No 1.
Rini Hadiyanti, Kusni dan Suhito. (2012). “Keefektifan Pembelajan Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep”. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 1 No 1 pp 59-65.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Triton PB. (2007). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: ANDI.
Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Zulkifli Matondang. (2009). “Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian”. PPS Unimed. Vol 6 No 1 pp 87-97.

PlumX Metrics

Published
2017-12-31
How to Cite
aviory, koryna. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Ruang. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11804