Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa tingkat II Semester 4 Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial dengan menerapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing di IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 26 orang mahasiswa.. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan dan siklus ke-2 sebanyak tiga pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan, wawancara. Dokumentsi dari data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data selama proses pembelajaran berlangsung, tes kemampuan pemahaman konsep matematik digunakan untuk mengetahui capaian masiswa pada setiap siklus, dan Wawancara diberikan kepada mahasiswa tertentu yang isinya berupa tanggapan serta respon terhadap pembelajaran pesamaan differensial dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Data dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa tingkat II semester 4 pada tes siklus pertama adalah 66,35 dan pada tes siklus ke-2 sebesar 87,31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II pembelajaran dengan menerapkan Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa.
References
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Jatmiko. (2018). Kesulitan siswa dalam memahami pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285
Jeon, S.-H., Kim, Y.-G., & Koh, J. (2011). Individual, social, and organizational contexts for active knowledge sharing in communities of practice. Expert Systems with Applications, 38(10), 12423–12431. doi:10.1016/j.eswa.2011.04.023
Mutmainah, S. (2015). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap pemahaman konsep matematik mahasiswa. Skipsi. Tidak dipublikasokan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta.
Nasir, R., Rahmi & Febriana, R, (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. LEMMA, 3(2), 1-9, DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1904
Ni’mah, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Saintifik Tehadap Kemampuan Reprsentasi Matematis Peserta Didik Materi Segiempat MTs Tarbiyatul ISLAMIYAH Batangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Disertasi. Tidak dipublikasikan. UIN Walisongo Semarang http://eprints.walisongo.ac.id/8642/1/skripsi.pdf
Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.158
Qomaria N , Anna, F , & Drajat F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Alumni STKIP-PGRI Lubuklinggau Dosen Prodi Matematika http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/ARTIKEL%20NUR%20QOMARIA%20123.pdf
Sopinal, R. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika siswa smk melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 98-111. doi.org/10.31004/jptam.v2i1.61
Wahyuningtyas, E. (2013). Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universiras Negeri Malang. http://library.um.ac.id/ptk/index.php/index.php?mod=detail&id=63434.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License