Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing

  • Novi Mayasari IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Ahmad Kholiqul Amin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Lailatur Rofiqoh IKIP PGRI Bojonegoro
Abstract views: 31 , PDF downloads: 25
Keywords: Active Knowledge Sharing, pemahaman konsep, konsep matematik

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa tingkat II Semester 4 Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial dengan menerapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing di IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 26 orang mahasiswa.. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan dan siklus ke-2 sebanyak tiga  pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan, wawancara. Dokumentsi dari data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data selama proses pembelajaran berlangsung, tes kemampuan pemahaman konsep matematik digunakan untuk mengetahui capaian masiswa pada setiap siklus, dan  Wawancara  diberikan kepada mahasiswa tertentu yang isinya berupa tanggapan serta respon terhadap pembelajaran pesamaan differensial dengan  model pembelajaran  Active Knowledge Sharing. Data dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa  tingkat II semester 4 pada tes siklus pertama adalah 66,35 dan pada tes siklus ke-2 sebesar 87,31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus II pembelajaran dengan menerapkan Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa.

References

Ariasa, I Kd, Wiyasa, I Km Ngr, Kristiantari, M G Rini,dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Kelas V Sd Gugus Peliatan Ubud Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha urusan PGSD. 2(1), 1-11 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2225/1925.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Jatmiko. (2018). Kesulitan siswa dalam memahami pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285

Jeon, S.-H., Kim, Y.-G., & Koh, J. (2011). Individual, social, and organizational contexts for active knowledge sharing in communities of practice. Expert Systems with Applications, 38(10), 12423–12431. doi:10.1016/j.eswa.2011.04.023

Mutmainah, S. (2015). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap pemahaman konsep matematik mahasiswa. Skipsi. Tidak dipublikasokan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta.

Nasir, R., Rahmi & Febriana, R, (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. LEMMA, 3(2), 1-9, DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1904

Ni’mah, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Saintifik Tehadap Kemampuan Reprsentasi Matematis Peserta Didik Materi Segiempat MTs Tarbiyatul ISLAMIYAH Batangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Disertasi. Tidak dipublikasikan. UIN Walisongo Semarang http://eprints.walisongo.ac.id/8642/1/skripsi.pdf

Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.158

Qomaria N , Anna, F , & Drajat F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Alumni STKIP-PGRI Lubuklinggau Dosen Prodi Matematika http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/ARTIKEL%20NUR%20QOMARIA%20123.pdf

Sopinal, R. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika siswa smk melalui strategi pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 98-111. doi.org/10.31004/jptam.v2i1.61

Wahyuningtyas, E. (2013). Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universiras Negeri Malang. http://library.um.ac.id/ptk/index.php/index.php?mod=detail&id=63434.
Published
2019-11-16
How to Cite
Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 140-152. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513