Penerapan model pembelajaran think pare share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

  • Komari Komari Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Nganjuk
Abstract views: 66 , PDF downloads: 22
Keywords: model pembelajaran, Think pare share, TPS, motivasi, hasil belajar, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika kelas VIII MTs Negeri 4 Nganjuk, dengan menggunakan model pembelajaran think pare share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, dan angket untuk menggali data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa, dengan bukti prosentase motivasi belajar siswa pada siklus pertama adalah 72,74% menjadi 86,28% siklus kedua. Hasil belajar dari siklus I ketuntasan klasikalnya 65,38% dengan nilai rata-rata siswa 74,04 meningkat menjadi 80,77% dengan rata-rata nilai siswa sebesar 77,31 pada siklus II.

References

Ahsani, E. L. F. (2014). Penerapan model kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD 1 Rejosari tahun 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus.

Anggara, D. S. (2013). Peningkatan pembelajaran IPS melalui model think pair share dengan media CD pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Kalibenteng 02 Semarang. Skripsi. PGSD. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hafizhah, N., Isnani, & Suwandono. (2019). Keefektifan model pembelajaran TPS terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 3(1), 61 - 67

Jatmiko, J. (2015). Eksperimentasi Model pembelajaran think-pair-share dengan modul (Tps-M) Ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Efektor, 26(2), 26-32, doi:10.29407/e.v2i2.87

Jatmiko, J., Santia,I., & Setyaningrum, D. (2016). Eksperimen model pembelajaran think pair share ditinjau dari kecerdasan interpersonal peserta didik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 85-93

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation. 1 (2), 120-127. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074

Purwantari, K. (2016). Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran think pair and share (TPS). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 293-302. Doi: http://dx.doi.org/10.30738/.v4i2.448

Susilo. (2007). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka book.

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, W. S. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar: Penelitian kuasi eksperimen pada kelas IV di dua sekolah dasar negeri Kecamatan Leles Kabupaten Garut tahun ajaran 2014/2015. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wulandari, W. S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2),1-11 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2710
Published
2019-12-17
How to Cite
Komari, K. (2019). Penerapan model pembelajaran think pare share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 198-204. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13848