Penerapan model pembelajaran think pare share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika kelas VIII MTs Negeri 4 Nganjuk, dengan menggunakan model pembelajaran think pare share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, dan angket untuk menggali data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa, dengan bukti prosentase motivasi belajar siswa pada siklus pertama adalah 72,74% menjadi 86,28% siklus kedua. Hasil belajar dari siklus I ketuntasan klasikalnya 65,38% dengan nilai rata-rata siswa 74,04 meningkat menjadi 80,77% dengan rata-rata nilai siswa sebesar 77,31 pada siklus II.
References
Anggara, D. S. (2013). Peningkatan pembelajaran IPS melalui model think pair share dengan media CD pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Kalibenteng 02 Semarang. Skripsi. PGSD. Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hafizhah, N., Isnani, & Suwandono. (2019). Keefektifan model pembelajaran TPS terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 3(1), 61 - 67
Jatmiko, J. (2015). Eksperimentasi Model pembelajaran think-pair-share dengan modul (Tps-M) Ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Efektor, 26(2), 26-32, doi:10.29407/e.v2i2.87
Jatmiko, J., Santia,I., & Setyaningrum, D. (2016). Eksperimen model pembelajaran think pair share ditinjau dari kecerdasan interpersonal peserta didik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 85-93
Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation. 1 (2), 120-127. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074
Purwantari, K. (2016). Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran think pair and share (TPS). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 293-302. Doi: http://dx.doi.org/10.30738/.v4i2.448
Susilo. (2007). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka book.
Uno, H. B. (2016). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, W. S. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar: Penelitian kuasi eksperimen pada kelas IV di dua sekolah dasar negeri Kecamatan Leles Kabupaten Garut tahun ajaran 2014/2015. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wulandari, W. S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2),1-11 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2710
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License