Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tema Slogan, Iklan, Dan Poster Melalui Model Pembelajaran Arias Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya
Improving Indonesian Language Learning Achievement in the Theme of Slogans, Advertisements, and Posters Through the Arias Learning Model in Grade VIII Students of SMP Negeri 42 Surabaya
Abstract
Aktivitas belajar mengajar hakikatnya adalah suatu hubungan timbal balik/ proses interaksi antar pendidik dan peserta didik pada satuan pembelajaran. Hasil uji coba di kelas dapat diketahui bahwa model ARIAS menunjukkan dampak positif pada motivasi berprestasi belajar murid. Action research dilakukan untuk menjawab masalah aktivitas belajar selama pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan penelitian ini di SMPN 42 Surabaya Tahun 2019/2020 yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober semester gasal 2019/2020. Subjek penelitian merupakan murid kelas VIII C SMPN 42 Surabaya dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia tema Slogan, Iklan dan Poster. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan pelaksanaan model ARIAS, aktivitas guru dan siswa, dan tes formatif. Metode ARIAS yang diterapkan memiliki pengaruh positif dalam peningkatan prestasi belajar murid yang terlihat dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar pada, yaitu 68,75% pada siklus I serta 90,62% pada siklus II. Penerapan model ARIAS meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil rata-rata jawaban bahwa murid sangat tertarik dan minat dengan metode ARIAS, metode ini menimbulkan motivasi belajar murid.
References
Anjariyah, Deka dan Karlina, Lilis. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). ISSN: 2502-6526. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan, Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Heriawan, Adang. 2012. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Baros Chasanah.
Hutagalung, Trisnawati dan Toman. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model ARIAS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Asas : Jurnal Sastra. Vol.8 No.1 Tahun 2019. https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13120. Universitas Negeri Medan. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/68-76
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 19 Juni 2020]
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1 November 2013.
Mamluah, Khidmatul. 2014. Penerapan Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal: Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. No.1, Agustus 2014. Universitas Pendidikan Indonesia. https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/403
Maswan dan Muslimin, Khoirul. 2017. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pitoyo, A. U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1).
Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember.
Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Copyright (c) 2022 Sulikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0