Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tema Slogan, Iklan, Dan Poster Melalui Model Pembelajaran Arias Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya

Improving Indonesian Language Learning Achievement in the Theme of Slogans, Advertisements, and Posters Through the Arias Learning Model in Grade VIII Students of SMP Negeri 42 Surabaya

  • Sulikah SMP Negeri 4 Surabaya
Abstract views: 145 , pdf downloads: 80
Keywords: model pembelajaran ARIAS, prestasi belajar

Abstract

Aktivitas belajar mengajar hakikatnya adalah suatu hubungan timbal balik/ proses interaksi antar pendidik dan peserta didik pada satuan pembelajaran. Hasil uji coba di kelas dapat diketahui bahwa model ARIAS menunjukkan dampak positif pada motivasi berprestasi belajar murid. Action research dilakukan untuk menjawab masalah aktivitas belajar selama pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan penelitian ini di SMPN 42 Surabaya Tahun 2019/2020 yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober semester gasal 2019/2020. Subjek penelitian merupakan murid kelas VIII C SMPN 42 Surabaya dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia tema Slogan, Iklan dan Poster. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan pelaksanaan model ARIAS, aktivitas guru dan siswa, dan tes formatif. Metode ARIAS yang diterapkan memiliki pengaruh positif dalam peningkatan prestasi belajar murid yang terlihat dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar pada, yaitu 68,75% pada siklus I serta 90,62% pada siklus II. Penerapan model ARIAS meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil rata-rata jawaban bahwa murid sangat tertarik dan minat dengan metode ARIAS, metode ini menimbulkan motivasi belajar murid.

References

Anjariyah, Deka dan Karlina, Lilis. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). ISSN: 2502-6526. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan, Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Heriawan, Adang. 2012. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Baros Chasanah.

Hutagalung, Trisnawati dan Toman. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model ARIAS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Asas : Jurnal Sastra. Vol.8 No.1 Tahun 2019. https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13120. Universitas Negeri Medan. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/68-76

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 19 Juni 2020]

Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1 November 2013.

Mamluah, Khidmatul. 2014. Penerapan Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal: Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. No.1, Agustus 2014. Universitas Pendidikan Indonesia. https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/403

Maswan dan Muslimin, Khoirul. 2017. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pitoyo, A. U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1).

Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember.

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

PlumX Metrics

Published
2022-07-15
How to Cite
Sulikah. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tema Slogan, Iklan, Dan Poster Melalui Model Pembelajaran Arias Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Surabaya: Improving Indonesian Language Learning Achievement in the Theme of Slogans, Advertisements, and Posters Through the Arias Learning Model in Grade VIII Students of SMP Negeri 42 Surabaya. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 47-56. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18334
Section
Article