Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PBSI dengan Model Jigsaw Tahun 2020/2021
Improvement of Scientific Writing Skills of PBSI Students using the Jigsaw Model in the Academic Year 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai langkah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa melalui model Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tingkat awal pada keterampilan menulis karya tulis ilmiah khususnya makalah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan instrumen tes. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 34 orang. Rancangan awal penelitian dilakukan dengan menggunakan pre tes. Perlakuan dilakukan dengan memanfaatkan model Jigsaw. Untuk mengetahui hasil dari perlakuan diberikan postes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan hanya menggunakan satu siklus perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah makalah. Hasil yang didapat dari pretes rata-rata sebesar 70,25 berbanding dengan hasil postes rata-rata adalah 85,5. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Pembelajaran yang menerapkan model Jigsaw dapat digunakan untuk mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.
References
DePorter, Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Ichsan, M. 2016. Analisis Sitiran Artikel Jurnal dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh Mahasiswa Prodi Diploma III Keperawatan Meulaboh Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2016. Repositoty, 2.
Pitoyo, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research Universitas Nusantara PGRI Kediri, 58.
Pitoyo, A., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. 2019. Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. Prosiding SENASBASA, 128-129.
Putrayasa, I. N. 2016. Menulis Makalah, Rangkuman, dan Buku Serta Membaca untuk Menulis Akademik. Repositori, 4.
Salman, A., & Bakhtiar, M. I. 2018. Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 39.
Suprihatin, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 85.
Susilowati, D. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 37.
Tanjung, Bahdin Nur dan Ardial. 2010. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kencan Prenada Media Grup.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0