Kosa Kata Bahasa Asing dalam Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik

Foreign Vocabulary in Indonesian Journalistic Language Varieties

  • Subardi Agan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 508 , pdf downloads: 1489
Keywords: bahasa asing, bahasa jurnalistik, kosa kata, ragam bahasa

Abstract

Dewasa ini, media massa (mainstream) masih menduduki peran penting. Dalam kaitan itu, media massa dapat berperan penting dalam pengembangan bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Ragam bahasa yang ada di masyarakat mempengaruhi bahasa media massa. Kebalikannya, bahasa media massa juga mempengaruhi bahasa di masyarakat. Rancangan penelitian ini bersifat kualitatif. Variabel yang diteliti adalah kosa kata bahasa asing BIRJ. Rancangan penelitian kualitatif dipandang paling relevan untuk diterapkan dalam penelitian ini karena penelitian ini bersifat eksploratif dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Dalam analisis data dilakukan kegiatan-kegiatan berikut: perapian data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Ditinjau dari jenis kalimat, kata bahasa asing terdapat baik dalam kalimat langsung maupun kalimat tak langsung BIRJ. Dalam hal ini setidaknya ada tiga macam fenomena, yaitu (1) kata bahasa asing tanpa keterangan, (2) kata bahasa asing dengan keterangan, dan (3) kata bahasa asing sebagai keterangan. Tentang penulisan kata masih ditemukan kata bahasa asing dalam BIRJ yang tidak ditulis dengan aturan penulisan bahasa asing dan penulisan kata asing yang sudah diserap justru ditulis dengan kaidah penulisan bahasa asing.

References

Aminuddin (Ed.). 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (YA3) Malang.

Armada S. A., W. 1993. Menggugat Kebebasan Pers. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Assegaf, D. H. 1993. Jurnalistik Masa Kini, Pengantar ke Praktek Kewartawanan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Badudu, J. S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Brown, G. dan Yule, G. 1984. Discourse Analysis. Cambridge: Press Syndicate of The University of Cambridge.

Chaer, A. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. F. 1993. Metode Linguistik. Bandung: Eresco.

Djajasudarma, T. F. 1994. Wacana Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Eresco.

Flournoy, D.M. (Ed .). 1989. Analisa Isi Surat Kabar Surat Kabar Indonesia. Terjemahan Drs. Akhmadsyah Naina, MSc. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gable, M. W dan Gamble T. K. 1986. Introducing Mass Communication. New York: McGraw-Hill, Inc.

Hymes, D. 1964. Toward Etnographies of Communication: The Analysis of Communicative Events; dalam Giglioli, Pier Paolo (Ed.) Language and Social Context. (halaman 21-44) New York: Penguin Book.

Kartomihardjo, S. 1993. “Analisis Wacana dengan Penerapannya pada Beberapa Wacana” dalam PELLBA 6 Penyunting Bambang Kaswanti Purwo. Jakarta: Lembaga Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya.

Keraf, G. 1986. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Lukas, L. (2006). Membangun kapasitas media. Jakarta: Sekretariat Dewan Pers.

McQuail, D. 1989. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. (Alih Bahasa Agus Darma, dan Aminudin Ram) Jakarta: Penerbit Erlangga.

Miles, H. B. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Proyek Pendidikan/ Latihan Kewartawanan, Proyek Pembangunan Departemen Penerangan RI. 1973: Tata Laksana dan Tugas Redaksionil (Hasil Loka Karya Pers ke VI).

Reah, D. (2000). The language of newspaper. New York: Roudledge

Subyakto, S.U. 1988. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Debdikbud Dirjend Dikti PPLPTK.

Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudaryanto. 1995. Ragam Bahasa Jurnalistik Bahasa Indonesia sebagai Ragam Kreatif Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia, PWI dan IKIP PGRI SEMARANG, Semarang tanggal 10 s.d. 12 Juli 1995.

Susanto, A.S. 1984. Komunikasi Massa. Bandung: Bina Cipta.

Tibbets, A.M. dan Tibbetts, C. 1991. Strategies of Rhetoric with Handbook. Illinois: Harper Collins Publishiers.

Wonohito. M. 1977. Teknik Jurnalistik dalam Sistem Pers Pancasila. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Pengembangan Pers Departemen Penerangan RI.

Yin, R.K. 1996. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terjemahan M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

PlumX Metrics

Published
2021-10-25
How to Cite
Agan, S., & Puspitoningrum, E. (2021). Kosa Kata Bahasa Asing dalam Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik: Foreign Vocabulary in Indonesian Journalistic Language Varieties. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 63 - 74. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17556

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>