Implementasi Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran pada Materi Membaca Aksara Jawa Siswa SMA
Implementation of Literacy to Improve Learning Motivation on Javanese Script Reading Material for High School Students
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12743Keywords:
implementasi literasi, membaca aksara jawaAbstract
Salah satu peran guru atau pengajar adalah memotivasi siswa agar mereka dapat berinteraksi dengan berbagai sumber belajar dengan baik. Sumber belajar bukan hanya berupa manusia, benda di sekitar, bahkan lingkungan sekitar juga merupakan sumber belajar. Sumber belajar bukan hanya sesuatu untuk dirancang untuk keperluan mengajar, melainkan juga media pembelajaran diperlukan untuk menyampaikan atau perantara untuk menyampaikan tujuan dari disajikannya sumber belajar tersebut. Permasalahannya, tidak semua guru atau pengajar mampu menggunakan atau mengoperasikan bahkan membuat sebuah media pembelajaran. padahal media pembelajaran dinilai dapat membantu guru dalam menyampaikan sebuah pembelajaran. wujud interaksi antara siswa dengan sumber belajar dapat bermacam-macam. Cara belajar dengan mendengarkan ceramah merupakan salah satu wujud dari interaksi tersebut. Namun jika cara belajar hanya dari mendengarkan saja, maka akan diragukan efektivitasnya. Belajar akan lebih banyak efektif jika peserta didik diberikan banyak kesempatan untuk melakukan eksplorasi sumber belajar melalui perantara berbagai macam media. Oleh karena itu literasi penggunaan media dianggap sangat diperlukan bagi guru maupun pengajar untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengimplementasikan literasi.
References
A. Tabrani R. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Abin Syamsudin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sondang P. Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
W.S. Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.