Analisis Aspek Struktural dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata

Analysis of Structural Aspects in the Novel 'Ayah' by Andrea Hirata

  • Ayu Nurul Aini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sujarwoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sardjono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 398 , pdf downloads: 512
Keywords: Unsur ekstrinsik, nilai sosial, nilai budaya, novel

Abstract

Karya sastra merupakan sebuah kreatifitas berupa pemikiran, ide, imajinasi, dan pengalaman pribadi dari seorang pengarang. Suatu karya sastra tentu memiliki unsur-unsur pembangun, salah satunya adalah unsur ekstrinsik. Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang berada di luar karya sastra tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra itu.Penelitian ini membahas mengenai unsur unsur ekstrinsik yang berupa nilai sosial dan nilai budaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan struktural. Penelitian deskriptif kualitatif  merupakan penelitian yang berusaha memberikan gambaran dan penjelasan yang detail. Sedangkan pendekatan struktural merupakan pendekatan yang menekankan pada analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dari karya sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Ayah karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka tahun 2015. Hasil penelian ini menemukan unsur unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata adalah nilai sosial dalam bentuk tindakan membantu teman dan peduli terhadap apa yang sedang menimpa temannya. Sedangkan nilai budaya yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata adalah suatu kebiasaan masyarakat kampung Nira.

References

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Esten, Mursal. 2013. Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Kartikasari Hs, Apri dan Edi Suprapto. 2017. Kajian Kesusastraan. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Moelong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samsu. 2017. Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development (Rusmini, Ed.). Jambi: PUSAKA JAMBI.

Semi, Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Simarmata, Emiya Hartanta. 2021. Analisis Unsur Intrinsik pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Tersedia pada https://repository.usd.ac.id/41040/2/151224081_full.pdf.

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahfitri, Sofie. 2022. Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Imperfect: A Journey To Self-Acceptance Karya Meira Anastasia (Pendekatan Sosiologi Sastra). Skripsi. Tersedia pada http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1045

Tampubolon, Frits. 2017. Novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye: Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Pendidikan. Skripsi Universitas Sumatera Utara. Tersedia pada https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7634?locale-attribute=ar.

Wahyuni, Elizabeth. 2017. Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar sebagai Sumbangan Materi Bagi Pengajaran Sastra. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang. Tersedia pada http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/1200/.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

PlumX Metrics

Published
2022-12-16
How to Cite
Nurul Aini, A., Puspitoningrum, E., Sujarwoko, & Sardjono. (2022). Analisis Aspek Struktural dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Analysis of Structural Aspects in the Novel ’Ayah’ by Andrea Hirata. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(2), 94-99. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19198

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>