PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK WHOLE GROUP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP

  • Mohamad Faiz Wajhuddin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 27 , PDF downloads: 77
Keywords: metode diskusi kelompok whole grup, keterampilan berbicara

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan modal utama dalam komunikasi. Namun, masalah yang ada di
lapangan dan sering ditemui di kelas adalah tidak semuanya siswa khusunya di SMP POMOSDA
mempunyai keterampilan berbicara dengan baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa berpengaruh metode diskusi kelompok whole group dalam mengembangkan keterampilan
berbicara khususnya siswa kelas VIII SMP POMOSDA. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen (true experimental research). Dalam penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan
pola posttest-only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
karena sampel dari populasi tersebut ditentukan sendiri oleh peneliti. Dapat diketahui perbedaan
keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dimana nilai (thitung) =
7.350 lebih besar dari ttabel = 2.000 dengan df = 60 (7.350 ˃ 2.000) dan sig.(2-tailed) = 0.000 dimana
( 0.000 < 0.05) dengan taraf kepercayaan 95% maka data penelitian menjadi signifikan maka
disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak, dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi
kelompok whole group terhadap keterampilan berbiacara siswa kelas VIII SMP POMOSDA
Tanjunganom Nganjuk.

References

Febrianti, Yola. 2017. Pentingnya
Penguasaan Literasi Bagi Generasi
Muda Dalam Menghadapi MEA.
Jurnal UNISSULA. P.640-647.
Ermi, Nita. 2015. Penggunaan Metode
Diskusi Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Materi Perubahan
Sosisal pada Siswa Kelas XII
SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal
SOROT. Nomor 2 155-158.
Nupus, Maya Hayatun. 2017.
Peningkatan Keterampilan
54
Berbicara melalui Penerapan
Metode Show And Tell Siswa
SD Negeri 3 Banjar Jawa.
Jurnal Ilmiah. Pp. 198-203.
Pitoyo, A. 2015. Model Investigasi
Kelompok dalam
Pembelajaran Menulis :
Sebuah Upaya Meningkatkan
Kompetensi Sosial dan
Kognitif Siswa di Sekolah
Dasar. Prossiding : Penelitian
Bahasa, Sasrtra dan
Pengajaranya Dewasa Ini.
Cetakan I, hlm 386-400.
Siska, Y. 2011. Penerapan Metode
Bermain Peran (Role Playing)
dalam Meningkatkan
Keterampilan Sosial dan
Keterampilan Berbicara Anak
Usia Dini. Jurnal UPI. Edisi
Khusus No. 2, hlm 31-37.
Sugiyono. 2016. Metodologi
Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.
Ban- dung: CV Alfabeta.
Suryana, 2010. Metode Penelitian
Praktis Penelitian Kuantitatif
dan Kualitatif.Bandung. UPI.
Syathori, Muhammad Arif Asy. 2019.
AN- ALISIS PENGARUH
MUSYAWAR- AH TERHADAP
KINERJA PEGA- WAI DI PT.
TALIATI TELAGA
TANJUNG. Tidak
Dipublikasikan. Nganjuk.
STT POMOSDA.
Tarigan, H. G.(2013). Berbicara
sebagai suatu keterampilan
berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti, A. (2014).
PENGEMBANGAN AUTENTIC
ASSESMENT BERBASIS
PROYEK DENGAN
PENDEKATAN SAINTIFIK
UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR
ILMIAH MAHASISWA.
Pendidikan IPA Indonesia.
Retrieved from
https://media.neliti.com/media/pu
blications/121101-IDpengembanganautenticassesment-berbasis.
Published
2021-04-25
How to Cite
Wajhuddin, M. F., & Puspitoningrum, E. (2021). PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK WHOLE GROUP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 48 - 54. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17635
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)