Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo

Debate Method to Improve Speaking Skills in 10th Grade Students of Language 1 at MA Al Mahrusiyah Lirboyo

  • Wiwin Astutik MA Al – Mahrusiyah Lirboyo
Abstract views: 292 , PDF downloads: 548
Keywords: keterampilan berbicara, metode debat

Abstract

Salah satu factor kurang efektifnya keterampilan berbicara pada siswa disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan dengan menerapkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode debat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan metode debat. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode debat. (3) Untuk mengetahui penerapan metode debat dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan metode bagi guru guna  mengembangkan pembelajaran berbicara kelas X Bahasa I MA Al Mahrusiyah melalui metode diskusi, kemudian dapat menjadi alternatif cara belajar berbicara yang efektif dan tepat bagi siswa, serta dapat menjadi sumbangan ide untuk memperbaiki sistem pembelajaran berbicara yang lebih baik bagi sekolah.

References

Achmad Mukhadis. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Profesionalitas Guru. Makalah disajikan pada Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas IKIP PGRI Madiun. Madiun, 10 Mei 2008

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki Wibawa. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Crow, Lester D, dan Alice.1984. Psikologi Pendidikan 1. Z. Kasijan (terj). Surabaya:Bina Ilmu

Indianto, M. 2004. Sosiologi untuk SMA kelas X. Jakarta:Airlangga

Kasbolah, K. 1999. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. IKIP Malang

Kurt Singer. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung:Remadja Karya
Lailiyah, Nur. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Lexy J Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosda Karya

Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung:Remaja Rosda Karya

Nurhadi, Yasin,B, dan Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:UM Press

Nur,M. 2001. Pendekatan-Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. IKIP Surabaya

Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara

Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta:Rajawali Press.

PlumX Metrics

Published
2021-04-25
How to Cite
Astutik, W. (2021). Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo: Debate Method to Improve Speaking Skills in 10th Grade Students of Language 1 at MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 14 - 31. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17623
Section
Article