Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo
Debate Method to Improve Speaking Skills in 10th Grade Students of Language 1 at MA Al Mahrusiyah Lirboyo
Abstract
Salah satu factor kurang efektifnya keterampilan berbicara pada siswa disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan dengan menerapkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode debat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan metode debat. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode debat. (3) Untuk mengetahui penerapan metode debat dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan metode bagi guru guna mengembangkan pembelajaran berbicara kelas X Bahasa I MA Al Mahrusiyah melalui metode diskusi, kemudian dapat menjadi alternatif cara belajar berbicara yang efektif dan tepat bagi siswa, serta dapat menjadi sumbangan ide untuk memperbaiki sistem pembelajaran berbicara yang lebih baik bagi sekolah.
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki Wibawa. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Crow, Lester D, dan Alice.1984. Psikologi Pendidikan 1. Z. Kasijan (terj). Surabaya:Bina Ilmu
Indianto, M. 2004. Sosiologi untuk SMA kelas X. Jakarta:Airlangga
Kasbolah, K. 1999. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. IKIP Malang
Kurt Singer. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung:Remadja Karya
Lailiyah, Nur. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Lexy J Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosda Karya
Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung:Remaja Rosda Karya
Nurhadi, Yasin,B, dan Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:UM Press
Nur,M. 2001. Pendekatan-Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. IKIP Surabaya
Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta:Rajawali Press.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0