Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Whole Group terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP
The Use of Whole Group Discussion Method on Speaking Skills of 8th Grade Junior High School Students
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan modal utama dalam komunikasi. Namun, masalah yang ada di lapangan dan sering ditemui di kelas adalah tidak semuanya siswa khusunya di SMP POMOSDA mempunyai keterampilan berbicara dengan baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh metode diskusi kelompok whole group dalam mengembangkan keterampilan berbicara khususnya siswa kelas VIII SMP POMOSDA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (true experimental research). Dalam penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan pola posttest-only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena sampel dari populasi tersebut ditentukan sendiri oleh peneliti. Dapat diketahui perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dimana nilai (thitung) = 7.350 lebih besar dari ttabel = 2.000 dengan df = 60 (7.350 ˃ 2.000) dan sig.(2-tailed) = 0.000 dimana ( 0.000 < 0.05) dengan taraf kepercayaan 95% maka data penelitian menjadi signifikan maka disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak, dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi kelompok whole group terhadap keterampilan berbiacara siswa kelas VIII SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk.
References
Febrianti, Yola. 2017. Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Jurnal UNISSULA. P.640-647.
Ermi, Nita. 2015. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosisal pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal SOROT. Nomor 2 155-158.
Nupus, Maya Hayatun. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah. Pp. 198-203.
Pitoyo, A. 2015. Model Investigasi Kelompok dalam Pembelajaran Menulis: Sebuah Upaya Meningkatkan
Kompetensi Sosial dan Kognitif Siswa di Sekolah Dasar. Prossiding: Penelitian Bahasa, Sasrtra dan
Pengajarannya Dewasa Ini. Cetakan I, hlm 386-400.
Siska, Y. 2011. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan
Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal UPI. Edisi Khusus No. 2, hlm 31-37.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryana, 2010. Metode Penelitian Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Bandung. UPI.
Syathori, Muhammad Arif Asy. 2019. ANALISIS PENGARUH MUSYAWARAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT.
TALIATI TELAGA TANJUNG. Tidak Dipublikasikan. Nganjuk. STT POMOSDA.
Tarigan, H. G. 2013. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti, A. 2014. PENGEMBANGAN AUTENTIC ASSESMENT BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH MAHASISWA. Pendidikan IPA Indonesia. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/121101-IDpengembanganautenticassesment-berbasis.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0