Aktivitas Bernyanyi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Darussalam Kediri

  • Nisa Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 43 , pdf downloads: 128
Keywords: anak usia dini, musik anak, pembelajaran

Abstract

Pembelajaran musik anak usia dini memerlukan pendekatan khusus pada setiap anak, mengingat proses perkembangan anak yang berbeda pada tiap individu. Penelitian ini membahas tetang “Aktivitas Musik pada Pembelajaran anak usia dini pada KB Darussalam”. Penelitian ini memakai  metode diskriptif kualitatiif . permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah kurangnya invasi guru menyampaikan materi pembelajaran.analisis ini menunjukkan bahwa pembelajaran musik cukup efektif untuk menurangu permasalahan yang terjadi pada kelompok bermain tersebut yaitu seperti kurangnya percaya diri pada anak, kketidak mampuan anak mengucapkan kosa kata dan ketidak tempatan tempo.

References

Nuriksa. Juntika, 2007, Membangun melalui pendidikan .Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Lwin, May & Adam Khoo, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta : Indeks.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Peraturan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pembinaan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2021tentang Standar Nasional pendidikan,Jakarta: departemen Pendidikan.

Pitoyo, A. 2020. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif Berbasis Cooperative Learning: Sebuah Eksperimen Model Pembelajaran Brain Dan Investigasi Kelompok. Jurnal DIKSI : Faculty Of Language and arts, Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 8, Nomor 2, hlm 171-178.

Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT. Grasindo.

Suryana, D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Kencana.

PlumX Metrics

Published
2021-04-25
How to Cite
Rahmawati, N., & Raharjo, I. B. (2021). Aktivitas Bernyanyi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Darussalam Kediri. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 86-93. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17642
Section
Artikel