Aktivitas Bernyanyi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Darussalam Kediri

Singing Activities in Early Childhood Learning at the Darussalam Playgroup in Kediri

Authors

  • Nisa Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17642

Keywords:

anak usia dini, musik anak, pembelajaran

Abstract

Pembelajaran musik anak usia dini memerlukan pendekatan khusus pada setiap anak, mengingat proses perkembangan anak yang berbeda pada tiap individu. Penelitian ini membahas tetang “Aktivitas Musik pada Pembelajaran anak usia dini pada KB Darussalam”. Penelitian ini memakai  metode diskriptif kualitatiif . permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah kurangnya invasi guru menyampaikan materi pembelajaran.analisis ini menunjukkan bahwa pembelajaran musik cukup efektif untuk menurangu permasalahan yang terjadi pada kelompok bermain tersebut yaitu seperti kurangnya percaya diri pada anak, kketidak mampuan anak mengucapkan kosa kata dan ketidak tempatan tempo.

References

Nuriksa. Juntika, 2007, Membangun melalui pendidikan .Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Lwin, May & Adam Khoo, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta : Indeks.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Peraturan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pembinaan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2021tentang Standar Nasional pendidikan,Jakarta: departemen Pendidikan.

Pitoyo, A. 2020. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif Berbasis Cooperative Learning: Sebuah Eksperimen Model Pembelajaran Brain Dan Investigasi Kelompok. Jurnal DIKSI : Faculty Of Language and arts, Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 8, Nomor 2, hlm 171-178.

Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT. Grasindo.

Suryana, D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Kencana.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-04-25

How to Cite

Rahmawati, N., & Raharjo, I. B. (2021). Aktivitas Bernyanyi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Darussalam Kediri: Singing Activities in Early Childhood Learning at the Darussalam Playgroup in Kediri. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17642

Issue

Section

Article