Aktivitas Bernyanyi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Darussalam Kediri
Singing Activities in Early Childhood Learning at the Darussalam Playgroup in Kediri
Abstract
Pembelajaran musik anak usia dini memerlukan pendekatan khusus pada setiap anak, mengingat proses perkembangan anak yang berbeda pada tiap individu. Penelitian ini membahas tetang “Aktivitas Musik pada Pembelajaran anak usia dini pada KB Darussalam”. Penelitian ini memakai metode diskriptif kualitatiif . permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah kurangnya invasi guru menyampaikan materi pembelajaran.analisis ini menunjukkan bahwa pembelajaran musik cukup efektif untuk menurangu permasalahan yang terjadi pada kelompok bermain tersebut yaitu seperti kurangnya percaya diri pada anak, kketidak mampuan anak mengucapkan kosa kata dan ketidak tempatan tempo.
References
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Lwin, May & Adam Khoo, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta : Indeks.
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Peraturan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pembinaan Anak Usia Dini.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2021tentang Standar Nasional pendidikan,Jakarta: departemen Pendidikan.
Pitoyo, A. 2020. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif Berbasis Cooperative Learning: Sebuah Eksperimen Model Pembelajaran Brain Dan Investigasi Kelompok. Jurnal DIKSI : Faculty Of Language and arts, Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 8, Nomor 2, hlm 171-178.
Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT. Grasindo.
Suryana, D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Kencana.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0