Penerapan Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga
The Implementation of Politeness in Language in Family Welfare Development Activities
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i1.12740Keywords:
kesantunan berbahasaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan kesantunan berbahasa khususnya yang dilakukan para ibu anggota yang mengikuti kegiatan PKK. Dalam kegiatan PKK tidak hanya kegiatan arisan dan pengajian tetapi segala kegiatan yang dapat memberikan informasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi Ibu-Ibu di lingkungan RT 06 RW 02 Ciracas, Jakarta Timur. Sikap santun dan sopan dalam berbahasa dapat tergambar dengan nilai etika yang berlaku secara baik di masyarakat tempat seseorang itu mengambil bagian sebagai anggotanya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan penyediaan data simak libat cakap dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesantunan berbahasa yang dilakukan Ibu-ibu PKK di lingkungan RT06/RW02 Ciracas masih kurang baik, masih minimnya sikap menghormati dan meghargai ketika seseorang sedang berbicara untuk menyampaikan informasi, dan seringnya terjadi perselisihan karena pilihan bahasa yang digunakan kurang tepat pada saat berbicara sehingga seringkali menimbulkan keributan sesama antaranggota PKK.
References
Baryadi, L. P. 2003. Teori Sopan Santun Berbahasa. Makalah Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXV. Yogyakarta: 6-7 Oktober.
Chaer, Abdul. 2010. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Bandung: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. 2008. Tata Bahasa Indonesia: untuk Sekolah Lanjutan Atas. Ende: Nusa Indah.
Jung, Ji-Young. 2010. Issues in Acquistional Pragmatik. http://journal.tc.library.org.
Poedjosoedarmo, Soepomo, dkk. 1997. Tingkat Tutur Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tomas, Jenny. 1993. “Cross cultural Pragmatik Failure” dalam Aplied Linguistics
Yule, Grorge. 1996. Pragmatics. Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0