Group Investigation Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Trigonometri Mahasiswa

Trigonometri: Group Investigation: Model: Mahasiswa

  • Swasti Maharani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap prestasi belajar trigonometri mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun tahun akademik 2016/2017. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling. Kelas yang terpilih yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 mahasiswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu nilai post test prestasi belajar mahasiswa yang diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% didapat tobs = 3,217 dan ttabel DK = t < -1,960 atau t > 1,960. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap prestasi belajar trigonometri mahasiswa. Prestasi belajar trigonometri mahasiswa dengan model group investigation lebih baik daripada prestasi belajar mahasiswa dengan metode ceramah/ konvensional.
Published
2017-06-01
How to Cite
MAHARANI, Swasti. Group Investigation Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Trigonometri Mahasiswa. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/775>. Date accessed: 19 feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.