Penalaran Matematis Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Model Learning Cycle Dan Konvensional Pada Kuliah Statistika Matematika II
Learning Cycle: kemampuan penalaran matematis: N-gain
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v3i1.777Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis model pembelajaran learning cycle dan konvensional pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika pada kuliah Statitika Matematika II. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis model pembelajaran learning cycle dan konvensioanl pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika pada kuliah Statitika Matematika II. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang dibandingkan, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Teknik analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan analisis N gain dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran learning cycle dan konvensional. Hal itu dilihat dari nilai sig dari indeks gain = 0.000 < α=0.05. Berdasarkan rata-rata kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle lebih baik dari model konvensional secara signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License