PROFIL BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI

  • Darmadi Darmadi IKIP PGRI Madiun
  • Benny Handoyo
Abstract views: 293 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 587

Abstract

Beberapa penyelesaian masalah trigonometri perlu diselesaikan dengan visualisasi. Makalah ini membahas hasil penelitian tentang profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Jenis penelitian deskriptif-eksploratif digunakan dengan pendekatan kualitatif, yaitu: penentuan sumber informasi, pengembangan instrumen, pengumpulan, dan validasi, serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketika memahami, pikiran mendapat input visual dari soal, petunjuk, gambar yang diperoleh, dan pengetahuan yang sudah dimiliki sehingga terjadi pemrosesan pembayangan mental; 2) Ketika merencanakan, pikiran tidak memproses pembayangan mental sehingga tidak diperoleh profil berpikir visual ketika merencanakan penyelesaian masalah; 3) Ketika melaksanakan, pikiran tidak memproses pembayangan mental sehingga tidak diperoleh profil berpikir visual ketika melaksakan penyelesaian masalah; 4) Ketika memeriksa kembali, pikiran mendapat input visual dari hasil kegiatan melaksakan rencana penyelesaian sehingga pemrosesan pembayangan mental terjadi untuk mendapatkan kesimpulan.

 

Kata kunci: berpikir visual, mahasiswa calon guru matematika, gaya belajar visual, menyelesaikan masalah trigonometri

PlumX Metrics

Published
2016-09-15
How to Cite
Darmadi, D., & Handoyo, B. (2016). PROFIL BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/396
Section
Artikel