Penerapan model pembelajaran group investigation pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) terkait materi lingkaran, ini terjadi karena rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah sampai sedang. Salah satu alternatif meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam memahami materi lingkaran melalui metode pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Bahan ajar adalah Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dengan materi lingkaran. Pada siklus pertama kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 48,90% dengan kriteria sedang, pada sikus kedua kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat menjadi 74,34% dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 25,44%.
References
Budianti, Y. & Purwaningsih, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Harapan Jaya 1 Bekasi Utara. Jurnal : Pedagogik, 6(1). 1-8.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Haridi. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2), 1-12, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/2891
Hendrianto, J. (2014). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sistem Pemindah Tenaga Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun 2013/2014. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Juniartina, P. P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V Tahun 2015. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10277/0
Maharani, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Trigonometri Mahasiswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 30-33. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/775
Pradhana, V. G., & Pramukantoro, J.A. (2013). “Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (Tsts) Dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 661-668. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/3351
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34-38. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Sadikin, Fahinu & Ruslan. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Self Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(2), 31-44, DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v1i2.8146
Saraswati, A.M, & Saefudin, A.A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Himpunan. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 89-99.
Simanjuntak, S. M., & Simanjuntak, M. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 10 Medan TA 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(4). 97- 104.
Slavin, E. R. (2011). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahbana, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. EDUMATICA| Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) dan Think Pair Share (Tps) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1-8. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License