Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Wala Dwi Rahayu IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Anik Yuliani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematik, Analisis Kesalahan

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian setiap indikator untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII pada salah satu MTs di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 22 siswa. Adapun instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan pemahaman matematik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa tergolong rendah yaitu 49% pada indikator pemahaman mekanikal, tergolong sedang yaitu 70% pada pemahaman induktif, sangat rendah yaitu 9% pada pemahaman rasional.

 

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamidah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional. (Tesistidakdipublikasikan). UPI Bandung.
Hendriana, H., Rohaeti, E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.
Layn, M. R. & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math educator Nusantara Volume 03 Nomor 02 November 2017 ISSN: 2459 – 9735
Maya, R. (2011). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Moore Termodifikasi terhadap Pencapaian Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematik Mahasiswa. (Disertasitidak publikasikan).UPI Bandung.
Maya, R., Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities:Experiment With Undergraduate Student By Using Modified MooreLearning Approach. Indo MS. J.M.E Vol. 2 No. 2 July 2011.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi melalui Model PembelajaranInkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung Volume 9,Nomor 1 Maret 2015 ISSN: 1978-508.
Putra, dkk. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di BandungBarat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MatematikaVol. 11 No. 1 Tahun 2018.
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (SMP). Infinity Jurnal Ilmiahb ProgramStudi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2.

PlumX Metrics

Published

2018-05-30

How to Cite

Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79–86. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998