Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematik, Analisis KesalahanAbstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian setiap indikator untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII pada salah satu MTs di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 22 siswa. Adapun instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan pemahaman matematik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa tergolong rendah yaitu 49% pada indikator pemahaman mekanikal, tergolong sedang yaitu 70% pada pemahaman induktif, sangat rendah yaitu 9% pada pemahaman rasional.
References
Hamidah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional. (Tesistidakdipublikasikan). UPI Bandung.
Hendriana, H., Rohaeti, E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.
Layn, M. R. & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math educator Nusantara Volume 03 Nomor 02 November 2017 ISSN: 2459 – 9735
Maya, R. (2011). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Moore Termodifikasi terhadap Pencapaian Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematik Mahasiswa. (Disertasitidak publikasikan).UPI Bandung.
Maya, R., Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities:Experiment With Undergraduate Student By Using Modified MooreLearning Approach. Indo MS. J.M.E Vol. 2 No. 2 July 2011.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi melalui Model PembelajaranInkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung Volume 9,Nomor 1 Maret 2015 ISSN: 1978-508.
Putra, dkk. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di BandungBarat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MatematikaVol. 11 No. 1 Tahun 2018.
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (SMP). Infinity Jurnal Ilmiahb ProgramStudi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License