Penerapan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Bimbingan dan Konseling
Main Article Content
Abstract
Seringkali didapati mahasiswa menunjukkan perilaku empati yang rendah. Hal tersebut terlihat dari perilaku yang dilakukan sehari-hari di kampus. Perilaku tersebut seperti acuh terhadap dosen, acuh dengan masalah yang sedang dialami oleh temannya, dan menganggap tugas kelompok tidak penting. Empati menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh calon guru BK, mengingat nantinya akan berhubungan dengan beragam siswa yang memiliki latar belakang budaya dan masalah yang dimiliki. Calon guru BK yang memiliki empati rendah dikhawatirkan akan melanggar norma sosial dan agama. Oleh karena itu sangat dibutuhkan bantuan bagi calon guru BK yang memiliki empati rendah. Salah satu bantuan yang dapat ditawarkan adalah pendekatan SFBC (Solution Focused Brief Counseling). Pendekatan ini dipandang baru dan diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan empati mahasiswa BK UNP Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menujukkan keefektifan SFBC untuk meningkatkan empati mahasiswa BK UNP Kediri. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan jenis one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil data menunjukkan nilai sig. 0,303 yang artinya > 0,05. Apabila nilai signifikansi > 0,05 maka Ho diterima, sehingga Solution Focused Brief Counseling tidak efektif untuk meningkatkan empati mahasiswa BK tingkat II UNP Kediri.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arofah, L. & Nawantara, R. D. 2018. Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling Untuk Guru BK Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Kediri. Jurnal Bikotetik. 2 (1): 73-114.
Cohen, L. Manion, L & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education Sixth edition. New York: Routledge Taylor & Francis Group. (Online), http://www.knowledgeportal.pakteachers.org/.../RESERACH%20METHOD%20COH, diakses 24 Juni 2015.
Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling (8th Ed). Belmont, CA: Brooks/Cole.
Creswell, J.W. 2012. Education Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Four Edition. Boston: Pearson Education.
Davis, M.H. 1983. Measuring Individual Differences in Empathy. Journal of Personality and Social Psychology. 132 (2): 397-410.
Garton, A.F., & Gringart, E. 2005. The Development of a Scale to Measure Empathy in 8- and 9-year old Children. Australian Journal of Education and Developmental Psychology. 5. 17-25.
Goleman, D. 2007. Social Intelligence (terjemahan oleh Hariono S. Imam). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gustini, N. 2017. Empati Kultural Pada Mahasiswa. Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. 1(1): 17-34.
Kim, J.S & Franklin, C. 2009. Solution Focused brief therapy in schools: A review of the outcome literature. Children and Youth Services Review, 31: 464-470.
Rogers, C.R. 1959. Empatic: An Unprpreciated Way of Being. The Counseling Psycologist. Boston: Mifflin Company.
Saadatzaade & Khalili. 2012. Effects of Solution - Focused Group Counseling on Student’s Self Regulation and academic achievement. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). 3(3):780-787.