Korelasi Pola Asuh Orangtua Siswa dengan Perilaku Agresif Siswa SMP di Kabupaten Kediri

Main Article Content

Putratama Lantip Wahindha
Sri Panca Setyawati
Yuanita Dwi Krisphianti

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang menunjukkan tindak kekerasan untuk menyakiti orang lain atau merusak suatu benda yang dilakukan secara fisik maupun verbal. Perilaku agresif secara fisik ditunjukkan dengan memukul, melempar, meludahi, meninju dan sebagainya. Sedangkan bentuk perilaku agresif verbal ditunjukkan dengan berkata kasar, mengumpat, menghina, mengejek, dan sebagainya. Pola asuh orangtua adalah interaksi orangtua dengan anak yang diekspresikan melalui sikap, ucapan, nilai-nilai yang ditanamkan dalam mengasuh dan memenuhi tumbuh kembang anak. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui adakah korelasi antara pola asuh orangtua siswa dengan perilaku agresif siswa SMP di Kabupaten Kediri. Populasi penelitian berjumlah 298 siswa dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket pola asuh orangtua dan skala perilaku agresif . Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig 0.730>0.05, yang memiliki arti bahwa tidak ada korelasi antara pola asuh orangtua siswa dengan perilaku agresif siswa SMP di Kabupaten Kediri. berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, maka saran yang bisa diberikan adalah 1) perilaku agresif yang muncul pada diri siswa tidak selalu berkorelasi dengan pola asuh orangtua, 2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang kemungkinan ada korelasi dengan perilaku agresif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahindha, P. L., Setyawati, S. P., & Krisphianti, Y. D. (2018). Korelasi Pola Asuh Orangtua Siswa dengan Perilaku Agresif Siswa SMP di Kabupaten Kediri. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 61-66. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13059
Section
Artikel
Bookmark and Share

References

Azizah, D.M. 2013. Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Perigikan 03 KabupatenTegal. Skripsi, (Online), tersedia: http://lib.unnes.ac.iddiunduh 22 Oktober 2017.
Jannah, Husnatul. 2012. BentukPolaAsuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral PadaAnakUsia Di Kecamatan Ampek Angkek. JurnalPesona PAUD, (Online), 1 (1): 3, tersedia: http://ejournal.unp.ac.id di unduh 11 Oktober 2017.
Saputra, Firman. 2012. Hubungan PolaAsuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMA Gajah Mada Yogyakarta. NaskahPublikasi, (Online)., tersedia: http://digilib.unisayogya.ac.iddiunduh 26 September 2017.
Saputri, Y.A. 2015. Hubungan Antara Komformitas Dengan Perilaku Agresi Pada Remaja. NaskahPublikasi, (Online), tersedia: http://eprints.ums.ac.iddiunduh 10 Desember 2017.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>