ANALISIS WACANA KRITIS TEORI TEUN A. VAN DIJK PADA VIDEO IKLAN DI AKUN YOUTUBE RAMAYANA BERJUDUL “MARGA PELARI”


Abstract
Before and during Ramadan Ramayana Department Store published one advertisement. The uniqueness in this ad is that it always shows things that are different from the others, even touching the hearts of the audience. Instead of this different case, the latest advertisement is able to attract the hearts of the audience so that 1.2 million times are played on the Youtube account of Gedung Serbaneka Ramayana with the ad headline "Marga Pelari (Series Ramadhan)" which is enough to attract the attention of users. One of the reasons the advertisement attracts the sympathy of the audience is the message conveyed that touches the feelings of the audience. This study aims to examine the Ramayana Department Store Youtube advertisement to explore the hidden intentions behind the Ramayana Department Store advertisement by using three elements, namely; macro structure, super structure, and micro structure. Teun A. van Dijk's approach model used in this study is a descriptive qualitative study. The dialog in the iklat will be the data used by the reviewer. The existence of macro structure, super structure, and macro supra is evidence of the results of the study.
References
Andrianto, T., Ariyanti, F., Prasiska, D. W., Prabawa, A. H., & Waljinah, S. (2019). Analisis Wacana Kritis pada Iklan Rokok Djarum 76. The 10th University Research Colloqium 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, 121–127.
Chaer,Abdul .2002. Pembakuan Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta
Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKIS.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta. LKIS.
Nurjanah N., Pratiwi R. (2019). Citra Perempuan Berhijab dalam Iklan Sampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia, 69-78 Vol. 5 No. 1.
Lailiyah N. (2021). Analisis Wacana Kritis Monolog Dalam Talk Show Mata NajwaEdisi "MenantiTerawan, Efektor, Volume 8 Issue1,2021, Pages 34–44.
Schiffrin, D. 2007. Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Farming. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2023 Nurlailia Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0