Analisis Wacana Kritis Teori Teun A. Van Dijk pada Video Iklan di Akun YouTube Ramayana Berjudul “Marga Pelari”

Critical Discourse Analysis of Teun A. Van Dijk's Theory in the Advertisement Video on Ramayana's YouTube Account Entitled "Marga Pelari"

  • Nurlailia Herman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Muarifin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sardjono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 356 , pdf downloads: 622
Keywords: analisis wacana kritis, iklan youtube Ramayana, van dijk

Abstract

Menjelang dan selama Ramadan Ramayana Departement Store mempublikasi iklan sebuah iklan. Keunikan dalam iklan tersebut selalu menghadirkan hal yang berbeda dari yang lainnya, bahkan sampai bisa menyentuh hati penontonnya. Dari hal yang berbeda ini,  iklan terbaru dapat menarik hati penonton hingga mencapai 1,2 juta kali diputar dalam akun Youtube Ramayana Departement Store dengan judul iklan “Marga Pelari (Ramadan Series)” cukup banyak menarik perhatian konsumen. Salah satu alasan iklan tersebut menarik rasa simpati penonton adalah pesan yang disampaikan begitu menyentuh hati bagi yang menonton. Adapun maksud  penelitian ini meneliti iklan Youtube Ramayana Departement Store agar dapat mengupas makna tersembunyi di balik iklan Ramayana Department Store dengan mengungkan tiga unsur yaitu; struktur makro, super struktur, dan struktur mikro. Model pendekatan Teun A. van Dijk  yang digunakan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dialog yang ada dalam iklat tersebut akan menjadi data yang digunakan peneliti. Adanya struktur makro, super struktur, dan supra makro menjadi bukti dari hasil penelitian.

References

Alfiyani, C. (2021). Analisis Wacana Perbedaan Agama dan Budaya dalam Film “Bidadari Mencari Sayap.” Suar Betang, 16(1), 39– 48.

Andrianto, T., Ariyanti, F., Prasiska, D. W., Prabawa, A. H., & Waljinah, S. (2019). Analisis Wacana Kritis pada Iklan Rokok Djarum 76. The 10th University Research Colloqium 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, 121–127.

Chaer,Abdul .2002. Pembakuan Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta

Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKIS.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta. LKIS.

Nurjanah N., Pratiwi R. (2019). Citra Perempuan Berhijab dalam Iklan Sampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia, 69-78 Vol. 5 No. 1.

Lailiyah N. (2021). Analisis Wacana Kritis Monolog Dalam Talk Show Mata NajwaEdisi "MenantiTerawan, Efektor, Volume 8 Issue1,2021, Pages 34–44.

Schiffrin, D. 2007. Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Farming. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2023-04-30
How to Cite
Herman, N., Muarifin, M., & Sardjono. (2023). Analisis Wacana Kritis Teori Teun A. Van Dijk pada Video Iklan di Akun YouTube Ramayana Berjudul “Marga Pelari”: Critical Discourse Analysis of Teun A. Van Dijk’s Theory in the Advertisement Video on Ramayana’s YouTube Account Entitled "Marga Pelari". Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(1), 49-60. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20307
Section
Article