Analisis Kesalahan Morfologi pada Unggahan Instagram @raffinagita1717
Analysis of Morphological Errors in Instagram Uploads @raffinagita1717
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.15357Keywords:
instagram, kesalahan morfologi, unggahanAbstract
Penyampaian informasi atau pesan tersebut tentunya dengan menggunakan kata pada unggahan media sosial dalam bahasa tulis. Maka, agar pesan yang disampaikan oleh penutur dapat diterima oleh penerima hendaknya perlu memerhatikan penyusunan kata dengan baik dan benar. Fenomena komunikasi yang banyak ditemui saat ini satu diantaranya adalah melalui media sosial akun Instagram. Pada Instagram, umumnya mengabaikan dan sering memperlihatkan kesalahan berbahasa. Akun salah satu figur masyarakat, yang memiki jumlah pengikut terbesar di Indonesia, yaitu akun Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (@raffinagita1717) layak untuk diteliti. Unggahan yang terdapat pada Instagram Rafii Ahmad dan Nagita Slavina ini akan dianalisis kesalahan berbahasa dari sisi kesalahan morfologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya kesalahan morfologi pada unggahan akun instagram @raffinagita1717. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan tempat tidak terikat yang menganalisis bentuk deskripsi yang tidak berupa angka atau koefisien tentang hubungan variabel, menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari temuan pada unggahan instagram @raffinagita1717 ditemukan adanya kesalahan morfologi, yaitu berupa kesalahan yang ditemukan dalam bentuk afiksasi adalah kesalahan penggunaan sufiks, prefiks, dan konfiks, sedangkan pada kesalahan reduplikasi adalah kesalahan penggunaan reduplikasi seluruh.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardian, Metah Aprilia, dkk. 2020. Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Penulisan Takrir Media Sosial Gubernur di Indonesia. Ditulis dalam http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/search/authors/view?firstName=Wildan&middleName=&lastName=Ghufron&affiliation=Universitas%20Ahmad%20Dahlan&country=. Diakses tanggal 28 September 2020.
Nasution, Wilda Istiana. +Kesalahan Morfologis Dalam Kemampuan Wawancara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP IT Cahaya Islam (Penelitian Analisis Isi). Ditulis Dalam http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Ijalr/Article/View/1401. Diakses Tanggal 28 September 2020.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samsuri. 1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sintia, Mila, dkk. 2019. Analisis Kesalahan Morfologi Pada Tuturan Siswa SMP N 3 Banjar. Ditulis dalam https://www.researchgate.net/publication/335846421_ANALISIS_KESALAHAN_MORFOLOGI_PADA_TUTURAN_SISWASMP_N_3_BANJAR. Diakses tanggal 28 September 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0