Prinsip Daya Tarik dan Kritik Sosial dalam Video Humor "Gak Sengaja" Karya Komika Bintang Emon

  • ira mayasari mayasari Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 49 , pdf downloads: 74
Keywords: kritik sosial, prinsip daya tarik

Abstract

Penelitian ini membahas prinsip daya tarik dan kritik sosial dalam video "Gak Sengaja" Karya Bintang Emon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diambil dari media sosial instagram Komika Bintang Emon. Hasil dari penelitian ini, prinsip daya tarik dalam video tersebut menggunakan dua komponen, tindak tutur tidak langsung literal dan tindak tutur tidak langsung tidak literal.dari 11 data ditemukan 3 data tindak tutur tidak langsung literal dan 8 tindak tutur tidak langsung tidak literal. Hasil selanjutnya adalah kritik sosial dalam video tersebut. Ada 3 kategori kritik sosial, yaitu 6 data kritik sosial penilaian, 2 data kritik sosial perbandingan, dan 3 data kritik sosial pengungkapan. Prinsip daya tarik digunakan untuk menyampaikan kritik yang dikemas dalam humor agar tidak terasa kaku dan mudah diterima oleh masyarakat. Penggunaan bahasa humor tersebut sangat kreatif dan kritis. 

References

Mahfud, M.D. 1997. Kritik Sosial dalam Wacana Pembangunan. Yogyakarta: UII Press.
Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardi dkk. 2016. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Saptaningsih, Nur dan Vianinda Pratama Sari. “Kritik Sosial dalam Humor Stand Up Comedy Episode “Kita Indonesia” (Kajian Pragmatik)”. Seminar Nasional Prasasti II “Kajian Pragmatik dalam Berbagai Bidang”. https://jurnal.uns.ic.id. Diunduh tanggal 5 Februari 2020, pukul 11.00 WIB.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Wijana, I Dewa Putu. 2003. “Wacana Dagadu, Permainan Bahasa dan Ilmu Bahasa”. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Yule, George. 2002. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

PlumX Metrics

Published
2020-04-25
How to Cite
mayasari, ira mayasari. (2020). Prinsip Daya Tarik dan Kritik Sosial dalam Video Humor "Gak Sengaja" Karya Komika Bintang Emon. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 63-72. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.14573
Section
Artikel