Repetisi dalam Cuitan Twitter Ernest Prakasa Kajian: Analisis Wacana
Repetition in Ernest Prakasa's Tweets Study: Discourse Analysis
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.19130Keywords:
wacana, twitter, tweet, repetisi, ernest prakasaAbstract
Ernest Prakasa adalah seorang pelawak tunggal atau komika, aktor, penulis, presenter, dan sutradara asal Indonesia. Ernest Prakasa seringkali menulis atau memberikan argumentasinya dalam media sosial Twitternya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas tentang penggunaan Repetisi dalam Cuitan Ernest Prakasa. Repetisi merupakan adanya unsur pengulangan yang mengulang unsur yang terdapat pada kalimat atau kata di depannya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber dalam penelitian ini adalah media sosial Twitter, sedangkan yang menjadi data dalam penelitian ini adalah repetisi yang terkandung dalam Cuitan di Twitter Ernest Prakasa Juli-Desember 2022. Data dikumpulkan dengan metode simak dan Teknik catat. Analisis data dilakukan melalui tahapan: (1) membacadan mengidentifikasi Cuitan Twitter Ernest Prakasa yang menggunakan repetisi; (2) menginterpretasi kata, frasa, maupun kalimat yang mengandung repetisi dan mengklasifikasinnya; (3) menganalisis repetisi; dan (4) menyimpulkan seluruh hasil interpretasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam Cuitan yang dibuat di media sosial Twitter Ernest Prakasa menggunakan repetisi.
References
Khotimah, K., & Sumarlam, S. Repetisi dalam Caption Instagram Pegiat Perempuan Kalis Mardiasih: Kajian Analisis Wacana. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 2, pp. 423-431).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Refdi, U., Mayasari, M., & Lubis, F. O. 2021. Aksi gerakan cuitan #unsikakenapasih di twitter: analisis wacana kritis. JURNAL MANAJEMEN, 13(3), 526-537.
Renkema. 1993. Discourse Studies. Amsterdam: Benyamin.
Rizaty, A. M. “Pengguna Aktif Twitter Global Capai 830 Juta per Kuartal II/2022” Ditulis dalam https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-aktif-twitter-global-capai-830-juta-per-kuartal-ii2022 diakses tanggal 2 Desember 2022.
Sari, W., & Batubara, F. M. 2019. PENGEMBANGAN Modul Menulis Wacana Berbasis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal Skripta, 5(2).
Sasongko, S. D. 2019. Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 36-43. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/8
Sukma, A. D. 2019. Analisis Wacana Kritis Pernyataan Mantan Ketua Umum PSSI dan Gubernur Sumatera Utara “Kalau Wartawan Nya Baik Nanti Timnas Nya Baik” dalam Tayangan Youtube Kompas TV. Jurnal Linguistik Terapan Politeknik Negeri Malang, 9(2), 21.
Wiratno, T., & Santosa, R. 2014. Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0