Rectoverso Education And Technology: Digital Track Of Adaptive Covid-19 Civic Education Learning

Authors

  • Dedy Ari Nugroho Universitas Lambung Mangkurat
  • Irawan Hadi Wiranata Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.16392

Keywords:

Kewarganegaraan digital, Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Pendidikan dan kemajuan teknologi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling menopang dan bersinergi menuntaskan persoalan. Salah satu bagian penting dari kemajuan adalah guru dan sistem pendidikan yang terbuka pada perubahan. Guru dan sistem pendidikan dilarang tenggelam pada perubahan. Perkembangan teknologi adalah memontum untuk bergerak bersinergi dalam kemasan pendidikan baru yang adaptif terhadap kegiatan digital. Best practice pempelajaran adaptif teknologi telah ditunjukkan oleh guru, dalam rangka mengembangkan kebaruan kemasan pendidikan menyongsong era society 5.0. Guru PPKn sebagai guru mata pelajar aplikatif dan progresif memegang peran penting di era digital. Generasi bangsa perlu dibekali pengethuan, keterampilan, dan nilai hidup yang luhur. Guru PPKn di era society 5.0 perlu memfasilitasi pembelajar, tidak hanya untuk berkarya tetapi juga menjadi pengaruh bagi generasi sesamanya melalui jejak digital yang inspiratif dan kaya akan nilai kebangsaan. Pembelajar masa kini tidak hanya terhubung dengan kelasnya, tetapi mereka terhubung dengan dunia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryson, John. M. (2004). Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hanifah, Unik. (2020). Teknologi dalam Pembalajaran adaptif Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan.

Heinich, R., et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2): 95–96. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Miarso, Yusufhadi. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group,. https://books.google.co.id/books?id=rhVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku +menyemai+benih+teknologi+pendidikan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiTh_ez-- 3sAhWDILcAHfoLCjgQ6AEwAHoECAUQAg#v=onepage&q=buku menyemai benih teknologi pendidikan&f=false.

Padmini, Kristiana Hesti, and Brigitta Putri Atika Tyagita. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA di Salatiga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 60. Surakarta,. https://media.neliti.com/media/publications/171192-ID-teknologi-pendidikan-sebagaipembelajara.pdf.

Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Pribadi, Benny A. (2011). Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-10-04

How to Cite

Nugroho, D. A., & Wiranata, I. H. (2021). Rectoverso Education And Technology: Digital Track Of Adaptive Covid-19 Civic Education Learning. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.16392

Most read articles by the same author(s)