Rectoverso Education And Technology: Digital Track Of Adaptive Covid-19 Civic Education Learning
Abstract
Pendidikan dan kemajuan teknologi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling menopang dan bersinergi menuntaskan persoalan. Salah satu bagian penting dari kemajuan adalah guru dan sistem pendidikan yang terbuka pada perubahan. Guru dan sistem pendidikan dilarang tenggelam pada perubahan. Perkembangan teknologi adalah memontum untuk bergerak bersinergi dalam kemasan pendidikan baru yang adaptif terhadap kegiatan digital. Best practice pempelajaran adaptif teknologi telah ditunjukkan oleh guru, dalam rangka mengembangkan kebaruan kemasan pendidikan menyongsong era society 5.0. Guru PPKn sebagai guru mata pelajar aplikatif dan progresif memegang peran penting di era digital. Generasi bangsa perlu dibekali pengethuan, keterampilan, dan nilai hidup yang luhur. Guru PPKn di era society 5.0 perlu memfasilitasi pembelajar, tidak hanya untuk berkarya tetapi juga menjadi pengaruh bagi generasi sesamanya melalui jejak digital yang inspiratif dan kaya akan nilai kebangsaan. Pembelajar masa kini tidak hanya terhubung dengan kelasnya, tetapi mereka terhubung dengan dunia
Downloads
References
Bryson, John. M. (2004). Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hanifah, Unik. (2020). Teknologi dalam Pembalajaran adaptif Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan.
Heinich, R., et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2): 95–96. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Miarso, Yusufhadi. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group,. https://books.google.co.id/books?id=rhVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku +menyemai+benih+teknologi+pendidikan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiTh_ez-- 3sAhWDILcAHfoLCjgQ6AEwAHoECAUQAg#v=onepage&q=buku menyemai benih teknologi pendidikan&f=false.
Padmini, Kristiana Hesti, and Brigitta Putri Atika Tyagita. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA di Salatiga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 60. Surakarta,. https://media.neliti.com/media/publications/171192-ID-teknologi-pendidikan-sebagaipembelajara.pdf.
Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Pribadi, Benny A. (2011). Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas
Copyright (c) 2021 Dedy Ari Nugroho, Irawan Hadi Wiranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License