Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Discovery Learning Approach pada Mata Pelajaran PPKn SMA
Abstract
Discovery learning merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dengan demikian model pembelajaran discovery learning sperlu untuk dialakukan pengembangan dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Gunung Sari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian in merupakan penelitian Pre-exsperiment dengan the static-grup comparison design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes pilihan ganda sebanyak 26 soal yang dinyatakan valid dari 35 soal yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung adalah 1.9959. Berdasarkan hal tersebut nilai thitung (1.9959)> ttabel (1.6706) dengan taraf signifikan 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar PPKn siswa yang menerapkan model discovery learning adalah 76, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar PPKn siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa adalah 70. Hasil analisis data dan pembahasan, menyimpulkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang menerapkan model discovery learning lebih baik daripada model pembelajaran lainya. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar PPKn kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PPKn
Downloads
References
Adnyani, P. E., Myartawan, I. P. N. W., & Saputra, I. N. P. H. (2021). Teacher’s problems and solutions in implementing student-centered learning in SMAN Bali Mandara Singaraja. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 2(2), 101–106. https://doi.org/10.33474/J-REALL.V2I2.10133
Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35.
Branson, M. S. (1998). The role of civic education (Issue November). Center for Civic Education. https://www.civiced.org/papers/articles_role.html
Dwi Astuti, E., Sahputra, R., & Rasmawan Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA Untan Pontianak, R. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT MATERI KOLOID SMA NEGERI 1 RASAU JAYA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(12). https://doi.org/10.26418/JPPK.V4I12.12907
Febbivoyna, D., Sumarjono, S., & Sungkowo, B. T. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(7), 564–569. https://doi.org/10.17977/UM067V1I7P564
Garrett, T. (2008). Student-Centered and Teacher-Centered Classroom Management : A Case Study of Three Elementary Teachers. Journal of Classroom Interaction, 43(2004), 34–47.
Halimi, M., Rahmat, R., Nugraha, R. A., & Pratiwi, E. D. (2022). Young digital citizen answers: Can online learning improve the quality of civic education learning? Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1), 99–109. https://doi.org/10.21831/jc.v19i1.40140
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Harahap, N. A., Ummah, K., Rohanawati, A. N., & Mardhatillah, S. R. (2019). Pengembangan model pembelajaran Student Center Learning (SCL) berbasis aktivitas pada mata kuliah Pendidikan Pancasila di Fakultas Hukum. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2), 199–212. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss2.art8
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Ihsan, & Hidayah, A. (2019). STUDI KOMPIRASI PELAJARAN PKN DENGAN PELAJARAN PMP TERHADAP NILAI KEBINEKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH AIMAS KABUPATEN SORONG. Jurnal Citizen Education, 1(1), 1–10.
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689
Nu’man, M. (2020). Eksplorasi berpikir kreatif melalui discovery learning Bruner. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(1), 13–30. https://doi.org/10.21831/HUM.V20I1.29265
Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). KAJIAN PROBLEMATIKA TEACHER CENTERED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SISWA STUDI KASUS : SDN DUKUH, SUKABUMI. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77–85. https://doi.org/10.22460/COLLASE.V5I1.9996
Sabil, N. F., & Diantoro, F. (2021). Sistem Pendidikan Nasional Di Pondok Pesantren. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 209–230. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2134
Saleha, S., & Nadar, N. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 153–176. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.3309
Salsabila, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Sausan, I., Mulyani, S., & Utami, B. (2016). Faktor-Faktor Internal Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konsep Mol. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 79–89. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2016). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80–89. https://doi.org/10.17509/JPM.V1I1.3339
Suradi, L. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Hukum Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Cerdas Dan Baik (Smart and Good Citizen). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, XIV(2), 112–120. https://ojs.unm.ac.id/supremasi/article/view/13143
Sutiyono. (2017). Pengembangan Civic Skills Melalui Seminar Socrates Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 59–67. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.59-67
Suweta, I. M. (2020). Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4), 467. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644
WIDIADNYANA, I. W., Sadia, I. W. ., & Suastra, I. W. . (2014). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171
Copyright (c) 2023 Zulkarnain Zulkarnain, Irawan Hadi Wiranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License