MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181Abstract
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan motorik
kasar anak didik sebelum dan sesudah dilakukan tindakan berupa penerapan permainan gobak sodor dalam
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subyek anak B Taman
Kanak-kanak. Dharma wanita Pranggang II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran
2013/2014. Hasil penelitian pada siklus I 35%, siklus II 55%, sedangkan pada siklus III 85%. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan permainan gobak sodor dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan
motorik kasar anak usia dini.
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, gobak sodor.
kasar anak didik sebelum dan sesudah dilakukan tindakan berupa penerapan permainan gobak sodor dalam
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subyek anak B Taman
Kanak-kanak. Dharma wanita Pranggang II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran
2013/2014. Hasil penelitian pada siklus I 35%, siklus II 55%, sedangkan pada siklus III 85%. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan permainan gobak sodor dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan
motorik kasar anak usia dini.
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, gobak sodor.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-10-05
How to Cite
ISWANTININGTYAS, V., & WIJAYA, I. P. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License