PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Noviardani Kartika Prameswari STKIP Bina Insan Mandiri
Abstract views: 205 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 213

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar. Saat ini media yang sangat diperlukan oleh siswa sekolah dasar yaitu media berbasis animasi agar siswa lebih berkembang dan aktif dalam pembelajaran serta sebagai seorang pengajar hendaknya memberikan metode dan media yang baik yang bisa membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pengembangan ini menggunakan model 4-D (Four D Model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate).

Uji coba yang dilakukan yaitu di SDN I Lebaniwaras - Gresik dengan mengimplementasikan kurikulum 2013 pada kelas IVA sebanyak 20 siswa dan kelas IV B sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian ini berupa LKS dan hasil belajar dengan pembelajaran berbasis kooperatif tipeSTADpada materi dengan subtema lingkungan tempat tinggalku.

Berdasarkan uji hipotesis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan mengkonsultasikan nilai thitung dan nilai ttabel, kesimpulannya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai thitung 0,589> nilai ttabel 0,581. Dan terjadi peningkatan dengan penggunaan media animasi sebesar 27%. Dengan kata lain terdapat perbandingan pemberian media animasi dengan pembelajaran STADterhadap hasilsiswa kelas IV Sekolah Dasar. Kemudian dari uji validitas media animasi disimpulkan bahwa terdapat kevalidan darihasil media dimana rhitung> rtabel. Jadi media animasi dengan pembelajaran STADterhadap hasil belajar pada kelas IVA dan Kelas IV B Sekolah Dasar ada perbandingan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-05-22
How to Cite
Prameswari, N. K. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 61-72. https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.709