MENINGKATAKAN PEMAHAMAN TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANPORTASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SAMBI I

  • SITI QOMARIYAH
Abstract views: 35 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 278

Abstract

ABSTRAK: Berdasarkan data dilapangan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami perkembangan teknologi komunikasi dalam pembelajaran yang dilakukan guru dikarenakan menggunakan metode ceramah semata.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan alat peraga di kelas IV SDN Sambi I Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data berupa tes jawaban singkat dan uraian.

Pada siklus I peserta didik yang tuntas dalam membandingkan teknologi komunikasi  44,4% dan 55,5% peserta didik remidi, pada siklus II peserta didik yang tuntas dalam membandingkan teknologi komunikasi 81,25% dan 18,75% remidi.

Saran yang dapat kami temukan adalah: diharapkan pada pengajar untuk menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran IPS, bagi peneliti lain dapat dikembangkan lebih lanjut selain bidang studi IPS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-16
How to Cite
QOMARIYAH, S. (2015). MENINGKATAKAN PEMAHAMAN TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANPORTASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SAMBI I. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.157
Section
Artikel