MENINGKATAKAN PEMAHAMAN TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANPORTASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SAMBI I
Abstract
ABSTRAK: Berdasarkan data dilapangan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami perkembangan teknologi komunikasi dalam pembelajaran yang dilakukan guru dikarenakan menggunakan metode ceramah semata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan alat peraga di kelas IV SDN Sambi I Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data berupa tes jawaban singkat dan uraian.
Pada siklus I peserta didik yang tuntas dalam membandingkan teknologi komunikasi 44,4% dan 55,5% peserta didik remidi, pada siklus II peserta didik yang tuntas dalam membandingkan teknologi komunikasi 81,25% dan 18,75% remidi.
Saran yang dapat kami temukan adalah: diharapkan pada pengajar untuk menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran IPS, bagi peneliti lain dapat dikembangkan lebih lanjut selain bidang studi IPS.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License