Komik Digital Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Anti Paham Radikalisme Untuk Siswa SMP Di Kediri

  • Yunita Dwi Pristiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siska Nurazizah Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 92 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 50
Keywords: Media Pembelajaran, Radikalisme, Komik digital

Abstract

Radikalisme agama dewasa ini menjadi ancaman nyata yang bertumbuh dengan pesat di masyarakat, utamanya di kalangan remaja khususnya siswa-siswa sekolah yang masih sangat mudah untuk terpengaruh oleh faham-faham yang tidak benar dalam beragama. Kediri sebagai wilayah yang bidang pendidikannya semakin mengalami kemajuan, siswa-siswanyapun tidak luput dari bahaya laten radikalisme agama. Hal ini juga telah disampaikan oleh Kepala Binmas Polres Kediri Kota dalam beberapa seminar mengenai ancaman bahaya radikalisme di kalangan remaja di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran anti paham radikalisme untuk pembelajaran PPKn pada Siswa SMP melalui media komik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan media penelitian pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran anti faham radikalisme dalam pembelajaran PPKn berupa komik digital; 2) kelayakan media pembelajaran anti faham radikalisme dalam bentuk komik digital yang telah dikembangkan adalah sangat layak; 3) hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran komik digital menunjukkan adanya peningkatan antusias dalam kegiatan pembelajaran PPKn.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Eka Arif Nugraha, dkk. 2013. Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD . Jurnal . Unnes Physics Education Journal Vol 2 No. 1.

Ijang Permana Sidik. 2013. Efektivitas Media Komik digital Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maharsi, Indiria. 2010. Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas . Yogyakarta: Kata Buku.

Morrisan, M.A., Metode Penelitian Survei (Jakarta: Kencana, 2012).

Munip, Abdul. 2012. Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam :: Volume I, Nomor 2, Desember 2012. Hal. 159.

Nurina, dkk. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konstruktivistik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA. (Unpublished). Universitas Negeri Malang, Malang.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2012. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Weksi Budiaji. Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Desember 2013 Vol. 2 No. 2 Hal : 127-133

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-11-13
How to Cite
Pristiani, Y. D., & Lestari, S. N. (2019). Komik Digital Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Anti Paham Radikalisme Untuk Siswa SMP Di Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 108-117. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13545