Pengembangan Google Sites Materi Seni Lukis Untuk Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.18128Keywords:
teaching development, Google Sites, paintingAbstract
Penggunaan teknologi secara maksimal dalam dunia pendidikan membutuhkan media pembelajaran berupa bahan ajar google sites materi seni Lukis yang dapat dioperasikan menggunakan komputer, laptop, dan smartphone dengan jaringan internet. Saat ini media pembelajaran online yang dimiliki masih belum memadai khususnya materi seni lukis, pembelajaran kurang menarik dan monoton. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar google sites untuk digunakan belajar di sekolah maupun pembelajaran secara mandiri di mana saja. Tujuan dari pengembangan ini adalah: Menghasilkan rancangan pembelajaran berupa bahan ajar untuk pembelajaran online menggunakan Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey (1990) dengan beberapa penyesuaian. Uji coba dilakukan di SMPN 2 Lamongan, meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, dan uji coba kepada guru mata pelajaran seni budaya. Bahan ajar ini disahkan pakar materi, pakar media, dan pakar desain pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa bahan ajar google sites materi seni Lukis, yang berisi teori seni Lukis dan berbagai Teknik seni Lukis. Dukungan pakar isi sebesar 90, 4%, dukungan pakar media sebesar 87,5%, dukungan pakar desain sebesar 94,6% kuesioner siswa tentang penggunaan bahan ajar google sites materi seni Lukis mencapai 90, 5% sehingga bahan ajar google sites materi seni Lukis layak digunakan pada pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran secara mandiri.
Downloads
References
Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043. ttp://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/2185
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The Systematic Design of Instruction (6th ed.). Pearson
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2).
Arisandi, R. F. (2021). PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2). https://doi.org/10.32493/jee.v3i2.8741
Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Sites. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53839
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3).
AZIS, A. (2021). PENINGKATAN APRESIASI KONSEP KARYA TARI BERBANTUAN MEDIA REKAMAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX SEMESTER 2 SMPN 1 PECALUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.333
Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541
Dhori, M. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. Journal of Islamic Education, 1.
Fahriansyah, F. (2021). PENGEMBANGAN DESAIN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SMP ISLAMIYAH SAWANGAN. Perspektif, 1(1). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.5
Hasfira, H., & Marelda, M. (2021). Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1430
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Khasanah, R., & Muflihah, S. M. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1). https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.49
KUSUMANINGTYAS, S. I. (2022). PENGGUNAAN GOOGLE SITES DAN VIDEO PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI DIMENSI TIGA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.51878/science.v2i1.914
Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2). https://doi.org/10.53696/27214834.70
Marince, Pramuniati, I., & Sitompul, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Prancis Setara A2 Berbasis Techno Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Media Didaktika, 5(1).
N, Z., Nurmayanti, & Ferdiansyah, H. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edumaspul, 5(1).
Rawung, R. K. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1). https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4200
Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMK N 2 Payakumbuh. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4).
Simanjuntak, R., & K, A. H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5017
Sudiana, N. (2020). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Webinar Dan Workshop Economic Teacher Exploration Skill.
Suryani, S., & Patimari, S. (2021). PENGGUNAAN GOOGLE SITES DALAM PJJ PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING. … Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Seni Di Era ….
Suwarjiya, S. (2019). Revolusi Pendidikan Tari. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.906
Wati, R., & Iskandar, W. (2020). Analisis Materi Pokok Seni Prakarya (SBdP) Kelas IV MI/SD. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(3).
Zaenuri, & Prastowo, A. (2021). Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License