Main Article Content
Abstract
Literasi sains dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas pendidikan dan sumber daya manusia suatu negara. Kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban dan menunjukkan kemampuan literasi sains rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Putik Berisi dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahap. Namun, dalam jurnal ini difokuskan pada tahap ke 6 yaitu uji coba terbatas dengan 10 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian khususnya pada uji coba terbatas dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, PUTIK BERISI yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Berdasarkan data, Enam dari tujuh indikator kemampuan literasi sains yang diteliti mengalami peningkatan, sedangkan satu indikator kemampuan literasi sains tidak mengalami peningkatan maupun penurunan. Peningkatan terbesar terdapat pada indikator ke tujuh, yaitu dari 10% meningkat menjadi 100%. Respon peserta didik memberikan hasil yang positif terhadap pengembangan PUTIK BERISI yang ditunjukkan dari hasil respon lebih dari 80% untuk masing-masing indikator.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Arisman, A., & Permanasari, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) Dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, EDUSAINS, 7 (2): 179-189.
- Bybee, R., B. McCrae, & Laurie, R. 2009. PISA 2006: An Assessment of Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8): 865-883.
- Gormally, C., Peggy B., & Mary L., 2012. Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11: 364-377.
- Heka, Y. 2012. 11 Makna Warna untuk Personality Anda. [Online] Available at: http://www.kompasiana.com/yudhaheka/11-makna-warna-untuk-personalityanda_55107761a333118b37ba83e7http://www.kompasiana.com/yudhaheka/11- makna-warna-untuk-personalityanda_55107761a333118b37ba83e7anda_55107761a333118b37ba83e7 [Accessed 5 Oktober 2015]
- Hitipeuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
- National Research Council (NRC). 1996. National Science Education Standarts. Washington: National Academy Press.
- OECD. 2009. A Framework for PISA: Assessing Scientific, Reading, and Mathematical Literacy: OECD Publishing.
- OECD. 2013. Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http: // www.oecd.org/pisa), diakses 01 Juni 2015.
- Rachmatulloh, A. 2015. Profil Capaian Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Sumedang dengan Menggunakan Scientific Literacy Assessments (SLA). Skripsi Tidak Diterbitkan: Universitas Pendidikan Indonesia
- Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Walker, M. 2011. PISA 2009 Plus Results : Performance of 15-year-olds in reading, mathematics and science for 10 additional participants. Melbourne: ACER Press.
- Wardani, S. 2008. Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Kromatografi Lapis Tipis Melalui Praktikum Skala Mikro, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (2): 317-322.
- Winata, A., Cacik, S., & Widyanti, I. S. R. 2017. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Literasi Sains untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat II, Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
- Winata, A., Cacik, S., & Widyawati, I. S. R. 2018. Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air, JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1): 58-64.