Main Article Content
Abstract
Implementasi higher order thinking skills (HOTS) dalam pembelajaran sains di SD sangat diperlukan agar siswa mendapat stimulasi untuk berpikir kritis dan kreatif melalui tugas-tugas eksperimen sains. Tugas-tugas kegiatan belajar mengajar perlu diterapkan dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS dengan disesuaikan pada karakteristik perkembangan berpikir siswa SD, kurikulum, dan disesuaikan dengan hakikat IPA sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran IPA berkategori HOTS melalui penerapan pelatihan partisipatif, terdiri atas tahapan analisis kebutuhan peserta pelatihan, pengkajian materi, merancang tugas pembelajaran IPA berkategori HOTS secara kolaboratif. Subjek yang dilibatkan sebanyak 14 guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Desain penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan merancang pembelajaran sains di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru SD dalam merancang pembelajaran sains berkategori HOTS setelah mengikuti pelatihan memiliki skor lebih tinggi daripada sebelum mengikuti pelatihan partisipatif.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Afandi & Sajidan. 2017. Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: UNS Press.
- Desstya, A. 2015. Keterampilan Proses Sains dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Telaah buku siswa kelas iv sd tema 2 karya sumini). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 95 - 102.
- Fitriyani, R., Haryani, S., Susatyo, EB. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). 1957-1970. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/10623/6483
- Jumaryati. 2016. Metode Penugasan pada Pelajaran Matematika dan Diskusi pada Pelajaran IPS untuk Meningkatkanhasil Belajar Siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 2(3).269-275. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/viewFile/2666/1684
- Mulyadi, dkk. 2010. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Pontianak: Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan.
- Salamah, U & Mursal. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 59-65.
- Syawaludin, A., Poerwanti, J. I. S., Hadiyah. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) IPA berbasis Predict, Observe, Explain (POE) di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(1), 1-8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10190
- Thomas, A. dan Thorne, G. 2009. How to Increase Higher Order Thinking. Online: http://www.cdl.org/articles/how-to-increase-high-orderthinking/
- Varadela, IS., Saptorini, Susilaningsih, E. 2017. Pengaruh Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education. 6(1), 33-39.
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.