Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD

Authors

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Tuban
  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Tuban

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068

Keywords:

21st century skills, calon guru, konsep IPA

Abstract

Upaya dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dalam menghadapi abad 21 maka perlu dilakukan peran guru atau calon guru yang memiliki kulaifikasi mempunyai kemampuan 21st century skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal 21st century skills sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.  Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan 30 mahasiswa sebagai sampel.  Kemampuan 21st century skills meliputi  critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal 21st century skills mahasiswa PGSD Unirow masih menunjukkan hasil rendah. Hasil ini ditunjukkan dari kemampuan rata-rata untuk berpikir kritis mahasiswa menunjukkan hasil rata-rata kurang dari 30%, kemampuan  komunikatif kurang dari 50%, kemapuan kolaboratif dan berpikir kreaatif kurang dari 45%. Adapun solusi yang dapat ditawarkan yaitu perlunya pembelajaran melalui model Problem-Based Learning (PBL), model cooperative learning  dan model pembelajaran lain yang dpat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anantyarta, P & Sari, R.L.I. 2017. Keterampilan Kolaboratif Dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis Collaborative And Metacognitive Skills Through Multimedia Means Ends Analysis Based, Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2: 33-43.
Arends, R. I. 2007. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Ed. 7 Jilid 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. 2010. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas.
Durkheim, E. 1982. The Rules Of Sociological Method. New York: The Free Press.
Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. (Online). (http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThi nking_51711_000.pdf), Accesed on Juny 12th 2019.
Hampson, M., Patton, A. and Shanks, L. 2011. Ten Ideas for 21st Century Education. London: Innovation Unit.
Kyllonen, Patrick. C. 2012. Measurement of 21st Century Skills Within the Common Core State Standards. Procceding Conference on Invitional Rasearch Symposium Enhanced Assesment di K-12 center ETS, Mei 7th-8th 2012. University of Southern California, Los Angeles
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. 2007. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga Di SMP. (Online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17409), Accesed on April 22th 2019.
Miles, M. B, Huberman, A. M., Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook. Sage Publications Inc.
Murtafiah, W. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial Ditinjau Dari Gender. Jurnal Math Educator Nusantara, 2: 31–41.
National Education Association. 2002. Preparing 21st Century Students for a Global Society : An Educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online), (https://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-Four-Cs.pdf), Accesed on Juny 15th 2019.
NCREL dan Metiri Group. 2003. EnGauge 21st Century Skills. Digital Literacies for a Digital Age. (Online). (http://www.ncrel.org/engauge/skills/ski lls.htm), Accesed on Mei 29th 2019.
National Research Council (NRC). 1996. National Science Education Standarts. Washington: National Academy Press.
Roslina, S. 2018. Pengembangan Keterampilan Kominikatif Antar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Pembelajaran IPS Materi Perpajakan, Jurnal PETIK, 4: 8-22.
Siswono, T. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sumarmo, U. 2012. Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematika (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17: 17-33.
Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc
Wagner, John A. & Hollenbeck, John R. 2010. Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. New Yor: Routledge.

PlumX Metrics

Published

2019-07-31

How to Cite

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 142–158. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068