Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning
mathematic creative thinking, contextual teaching and learning approach
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800Keywords:
Berpikir kreatif matematis, Pendekatan kontekstual, CTL, Contextual Teaching and LearningAbstract
Abstrak: Matematika sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi modern dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu siswa perlu disiapkan untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga siswa akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah yang melibatkan matematika mengingat pemanfaatan matematika yang sangat luas. Siswa yang kreatif akan mampu bersaing dalam kehidupan nyata. Dalam usaha menumbuhkan kemampuan tersebut maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Komponen pendekatan CTL dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif yang memuat indikator orisinilitas, fluency, flexibility dan elaboration.
References
Damayanti, H.T. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Open Endend Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta. Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[Tersedia online: http://eprints.ums.ac.id/50123/14/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf]
Daryanto & Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif.Yogyakarta: Gava Media.
Fitriarosah, N.2016.Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk siswa SMP. Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 volume 1 tahun 2016 Universitas Kanjuruhan Malang. 243-249. [Tersedia online: http://repository.unikama.ac.id/840/30/243-250%20PENGEMBANGAN%20INSTRUMEN%20BERPIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20UNTUK%20SISWA%20SMP.pdf].
Johnson. E.B.2014. CTL (Contextual Teaching and Learning). Bandung: Kaifa
Moma, La. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Pattimura Ambon, volume 4 nomor 1, hlm 27-41. [Tersedia online: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/download/142/105].
Novita, R & Niawati. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama. Numeracy. volume 3 nomer 1. hlm 36-49. [Tersedia Online: http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/31].
Noer, S.H.2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Mmatematis. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2009. hlm 521-526 [Tersedia Online: http://eprints.uny.ac.id/12307/1/M_Pend_30_Sri%20Hastuti.pdf].
Nurlaela, L & Ismayati, E. 2015.Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta:Ombak.
Rahmawati, Yeni. 2016. Efektivitas Pendekatan Open Ended dan CTL Ditinjau Dari Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Aksioma. volume 5 nomer 1. hlm 13-24. [Tersedia Online: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=450262&val=7291&title=EFEKTIVITAS%20PENDEKATAN%20OPEN-ENDED%20DAN%20CTL%20DITINJAU%20DARI%20BERPIKIR%20KREATIF%20SISWA%20KELAS%20VII]
Ramdani, Yani. 2011. Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan Contekxtual Teaching and Learning. Prosiding LPPM Unisba. volume 2 nomer 1. hlm 450-458. [Tersedia online: http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/Sains/article/viewFile/84/pdf].
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefudin, A.A. 2012.Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al –Bidayah volume 4 nomer 1. hlm 37-48. [Tersedia Online: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/albidayah/article/view/99]
Suriany, Erma. 2016. Peningkatan Kemampuann Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Math-Talk Learning Community. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. volume 5. hlm 296-303.
[Tersedia online: http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/IME-V3.5-02.Erma_Suriany.pdf].
Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Surabaya: Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License