Effect of REACT learning strategy on creative thinking and mathematical communication skills

  • Komarudin Komarudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutia Mutia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu
  • Dini Palupi Putri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu
  • Ruhban Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suherman Suherman Institute of Education, University of Szeged
  • Amelia Dwi Astuti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Abstract views: 99 , PDF downloads: 80
Keywords: Creative Thinking, Mathematical Communication, REACT learning strategy

Abstract

This study aims to examine the effect of the REACT learning strategy on the creative thinking and mathematical communication skills of MTs/SMP students. The population of this research is class VIII MTs Ma'arif NU 5 academic year 2021/2022, totaling 122 students. The sample used is class VIII A as the experimental class using the REACT learning strategy and class VIII C as the control class. Hypothesis testing using Multivariate Analysis of Variance or MANOVA. The prerequisite test is the normality test with the Kolmogrov-Smirnov test and the homogeneity test against the Box's test and the Levianate test. The results of data analysis showed that the  so that  was rejected, the  then  was rejected, the  so  was rejected. Based on this analysis and calculation, it is concluded that there is an effect of REACT learning strategy on students' creative thinking skills, there is an effect of REACT learning strategy on students' mathematical communication skills. In addition, there is an effect of REACT learning strategy on students' creative thinking and mathematical communication skills.

References

Alamsyah, T. P., & Usmaedi, U. (2020). Strategi Pembelajaran React (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 3(2), 58–69.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99.

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01).

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130.

Ariani, D. N. (2018). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96–107.

Arifin, A. T., Kartono, K., & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 91–98.

Ariningsih, E. (2016). Prospek penerapan teknologi nano dalam pertanian dan pengolahan pangan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34, 1–20.

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan contextual teaching and learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 73–82.

Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa smp dengan pembelajaran kooperatif tipe teams-gamestournaments. Euclid, 3(2).

Budiarti, Y., & Suprihatin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran sain teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan soft skill mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(2).

Cahyono, B. A. D., Sutarto, S., & Mahardika, I. K. (2017). Model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) disertai media video kejadian fisika terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Edukasi, 4(3), 20–24.

Delita, F., Yetti, E., & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8(2), 124–135.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43.

Dewi, P., Asnawati, R., & Widyastuti, W. (2017). Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3).

Dewi, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makassar. Universitas Islam Negeri Makassar.

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259.

Fauzia, R. S., Wahyudin, W., & Zamnah, L. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 103–110.

Handayani, N. (2015). Penerapan strategi pembelajaran react dengan pendekatan rme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. J. Semin. Nas. Mat, 233–240.

Hasanah, N., Buchori, A., Prasetyowati, D., & Nursyahidah, F. (2019). Efektivitas model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan reciprocal teaching berbantuan game edukasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1).

Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1–9.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Kholisiyah, N., & Yuanita, D. I. (2018). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring). Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 195–204.

Komarudin, K., Rosmawati, N., & Suherman, S. (2020). The Effect of Algebra Finger-Based Brain Gym Method to Improve Student Learning Outcomes. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(2), 80–88.

KOMARUDİN, K., SUHERMAN, S., PUSPITA, L., ARRAFIANSYAH, R., & HASANAH, U. (2020). Program course lab 2.4 mathematics learning media for increasing of creativity domain at Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Gifted Education and Creativity, 7(3), 131–136.

Kusumawati, E., & Rizki, N. D. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13–25.

Lusiana, L., & Purnama, Y. (2019). Kemampuan Soft Skills Guru Penjasorkes Kelompok Kerja Mts Jepara Tahun 2019. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 1–9.

Manik, K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Tersedia: Http://seminar. Uny. Ac. Id/semnasmatematika/sites/seminar. Uny. Ac. Id. semnasmatematika/files/ber/PM-149. Pdf.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Maya, F. A., Sari, I. K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Siswa Smk Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 167–176.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95.

Muin, A., & Fitri, I. (2020). Strategi REACT dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2).

Nuryanto, N. (2016). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI untuk Perguruan Tinggi. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(2), 234–252.

Patimah, L., & Saniah, L. (2021). Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (REACT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 187–196.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh model pembelajaran reflektif dengan pendekatan matematika realistik bernuansa keislaman terhadap kemampuan komunikasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210.

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345

Robinson, K. (2006). Do schools kill creativity?, paper presented at the Technology. Entertainment and Design Conference (TED2006), Monterey, CA.

Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis: Apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Euclid, 1(1).

Salami, M. (2020). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(2), 98–101.

Sapto, A. D., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2015). Keefektifan pembelajaran strategi react dengan model sscs terhadap kemampuan komunikasi matematika dan percaya diri siswa kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).

Suherman, S., Vidákovich, T., & Komarudin, K. (2020). STEM-E: Fostering Mathematical Creative Thinking Ability in The 21st Century. The 1st South East Asia-Science, Technology, Engineering and Mathematics International Conference 2020.

Sumirat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 209667.

Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57–65.

Tampubolon, A. M. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X MAN 4 Martubung Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Taraufu, A. F., Gumolung, D., & Caroles, J. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Asam Basa. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(2), 52–57.

Widiani, T., Rifat, M., & Ijuddin, R. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.

Widiyasari, E., Mujib, M., Suherman, S., Komarudin, K., Anggoro, B. S., & Mardiyah, M. (2022). CORE Teaching Model Based Mnemonic Technique Impact Students’ Mathematical Creative Thinking Ability and Metacognitive Awareness. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 8(1), [49–59].

Wijaya, A. P., Mahayukti, G. A., Gita, I. N., & Parwati, N. N. (2019). Pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering berorientasi kearifan lokal terhadap pemecahan masalah dan karakter. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 178–187.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.

Wulandari, N. C., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). Pembelajaran Model REACT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).

Zahro, A. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) dibedakan dari self efficacy. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2014). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

PlumX Metrics

Published
2022-05-31
How to Cite
Komarudin, K., Mutia, M., Putri, D. P., Masykur, R., Suherman, S., & Astuti, A. D. (2022). Effect of REACT learning strategy on creative thinking and mathematical communication skills. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(1), 48-61. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i1.16839