Efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip

  • Mila Ariska STKIP PGRI Bangkalan
  • Rica Wijayanti STKIP PGRI Bangkalan
  • Mety Liesdiani STKIP PGRI Bangkalan
Abstract views: 594 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 592
Keywords: Efektivitas, model pembelajaran, discovery learning, Media Komik Strip

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mutu pelajaran matematika di kelas semakin menurun, siswa semakin tidak berminat untuk belajar matematika, sehingga hasil belajar siswa pun semakin rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip pada materi aritmetika sosial ditinjau dari minat belajar siswa, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pemberian angket, pemberian tes dan pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip dikatakan efektif jika ditinjau dari minat belajar siswa dengan persentase rata-rata minat belajar sisw sebesar 98,4%.  Selain itu, penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip juga dikatakan efektif jika ditinjau dari hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 70%. Keefektivan penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip juga terlihat pada aktivitas siswa yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 95%

References

Abubakar, W. (2016). Analytical problem solving skills at social arithmetic in project based learning in grade 3 SMP Islam athirah bukit baruga. Jurnal Daya Matematis. 4(3), 380-392.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arjuna. (2011). Metode Peneltian. Yogyakarta: Arruzz Media.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiarti, A., Handhika, J., & Sulistyaning, K. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan scirntific berbasis e-book pada materi rangkaian induktor terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan, Vol. 2, No. 2, P-ISSN: 2477-8346, E-ISSN: 2477-8354.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12397

Eggen, P. D. K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jatmiko, J., & Fiantika, F. R. (2017). Perangkat Pembelajaran 4D Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio: Video Animasi: Pengembangan Perangkat Pembelajaran 4D. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/780

Khafidzoh, A., Ahmad, N. T, & Aries, T. D. (2019). Komik strip media pembelajaran matematika kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah "Pendidikan Dasar", Vol. 6, No. 2.

Kurniati, D., Rahimah, D., & Rusdi. (2017). Efektivitas media komik strip pada materi sifat-sifat bangun ruang untuk siswa kelas v sd negeri 61 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol. 1, No.1, eISSN: 2581-253X .

Ma'rifatul, U., Febriana, K., & Himmatul, M. (2019). Efektivitas pembelajaran discovery learning dengan media komik strip pada pembelajaran garis dan sudut di SMP Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 1.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rivai, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika.

Rusian, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis problem based learning di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, Vol: 2, No: 2.

Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky, A. H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sholiha, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Air Dengan Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas X Ips Man Purwodadi . Jurnal unnes edugeo, Vol 5, No. 3, ISSN: 2252-6684.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2010). Media Pengajaran. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susiolo, A. F. (2016). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Suyono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syarifah, N., Finna, Y., & Arif, R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2, No. 1, P-ISSN: 1858-4543,E-ISSN: 2615-6091.

PlumX Metrics

Published
2020-11-12
How to Cite
Ariska, M., Wijayanti , R., & Liesdiani , M. (2020). Efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media komik strip. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 149-162. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14821