Peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan menggunakan cooperative learning tipe team assisted individualization

Authors

  • Zuheini Chotimah Indriani SMP Negeri 1 Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12703

Keywords:

Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peneliti mengangkat permasalahan yaitu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Wonogiri pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI).PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali tes akhir siklus untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar. Dari serangkaian tindakan tiap siklus hasilnya pada siklus I menunjukkan baru 66,7 % siswa yang mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sedangkan 33,3% sisanya belum mencapai batas ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya hasil siklus II sudah 100 % siswa mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sehingga tindakan dinyatakan berhasil tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Mengacu pada hasil yang ditunjukkan siklus II maka Model pembelajaran Cooperative  Learning  Tipe  Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan.

 

References

Anita, L. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.

Astuti, R.D., & Abadi, A.M. (2015). Keefektifan pembelajaran Jigsaw dan TAI ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap belajar matematika siswa. 2(2), 235-250. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7339

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jatmiko. (2018). Kesulitan siswa dalam memahami pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. doi: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The action research planner. Victoria: Deakin University Press

Musfah, J. (2011). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Nur, M., & Wikandari, P.R., (2000). Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Suyitno, A. (2006). Pemilihan model-model pembelajaran dan penerapannya di sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tyaningsih, R.Y., (2016). Keterampilan komunikasi lisan calon guru matematika pada mata kuliah proses belajar mengajar (MK PBM). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 55-66. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/395/297

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-05-30

How to Cite

Indriani, Z. C. (2019). Peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan menggunakan cooperative learning tipe team assisted individualization. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 14–25. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12703