Peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan menggunakan cooperative learning tipe team assisted individualization
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12703Keywords:
Cooperative Learning, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peneliti mengangkat permasalahan yaitu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Wonogiri pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI).PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali tes akhir siklus untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar. Dari serangkaian tindakan tiap siklus hasilnya pada siklus I menunjukkan baru 66,7 % siswa yang mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sedangkan 33,3% sisanya belum mencapai batas ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya hasil siklus II sudah 100 % siswa mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sehingga tindakan dinyatakan berhasil tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Mengacu pada hasil yang ditunjukkan siklus II maka Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan.
References
Astuti, R.D., & Abadi, A.M. (2015). Keefektifan pembelajaran Jigsaw dan TAI ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap belajar matematika siswa. 2(2), 235-250. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7339
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jatmiko. (2018). Kesulitan siswa dalam memahami pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. doi: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The action research planner. Victoria: Deakin University Press
Musfah, J. (2011). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.
Nur, M., & Wikandari, P.R., (2000). Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Suyitno, A. (2006). Pemilihan model-model pembelajaran dan penerapannya di sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Tyaningsih, R.Y., (2016). Keterampilan komunikasi lisan calon guru matematika pada mata kuliah proses belajar mengajar (MK PBM). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 55-66. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/395/297
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License