Pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom Tipe traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar

Authors

  • Anis umi Khoirotunnisa' IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Boedy Irhadtanto IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484

Keywords:

flipped classroom, pembelajaran tradisional, prestasi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran flipped classroom tipe traditional flipped dan model pembelajaran langsung dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan desain pretest-postest Group. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah tes dengan pilihan ganda. Analisis data yang digunakan kuantitatif dengan uji-t varian yang disurvei menggunakan perangkat lunak SPSS 22. Hasil penelitian ini adalah t-observasi adalah 63,571 lebih tinggi dari t-tabel 1,6694 itu menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam hasil prestasi belajar siswa dengan pembelajaran flipped classroom tipe traditional flipped dan pembelajaran langsung. Kelas flipped classroom tipe traditional flipped lebih baik daripada kelas langsung karena siswa lebih mandiri dan lebih siap untuk belajar di kelas.

References

Bergmann, J., & Sams, A. (2014). Flip your classroom: reach every student in every class every day. Teaching Theology & Religion. https://doi.org/10.1111/teth.12165

Clark, R. E. (2008). Reconsidering Research on Learning from Media. Review of Educational Research. https://doi.org/10.3102/00346543053004445

Danesi, M. (2007). A conceptual metaphor framework for the teaching of mathematics. Studies in Philosophy and Education. https://doi.org/10.1007/s11217-007-9035-5

DeHaan, R. L. (2011). Teaching creative science thinking. Science. https://doi.org/10.1126/science.1207918

Enfield, J. (2013). Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN. TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-013-0698-1

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K., & Arfstrom, K. M. (2013). The flipped learning model: A white paper based on the literature review titled a review of flipped learning. Flipped Learning Network. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.07.008

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Medtek.

Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2013). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.354

Krismanto, A. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah PPPG Matematika.

Perlman, C., Weston, C., & Gisel, E. (2005). A web-based tutorial to enhance student learning of activity analysis. Canadian Journal of Occupational Therapy. https://doi.org/10.1177/000841740507200303

Prama Deswita, A. (2017). Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi pada program keahlian akuntansi siswa kelas X di SMKN 1 Sawahlunto. Economica. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211

Richards, J. C. (2015). The changing face of language learning: Learning beyond the classroom. RELC Journal. https://doi.org/10.1177/0033688214561621

Roehl, A., Reddy, S. L., & Shannon, G. J. (2013). The Flipped Classroom: An Opportunity To Engage Millennial Students Through Active Learning Strategies. Journal of Family & Consumer Sciences. https://doi.org/10.14307/jfcs105.2.12

Saputra, E. A. (2018). Efektivitas model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal : Jurnal Matematika, 173-179.

Sugiyono. (2013). metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1164/rccm.200409-1267OC

Sugiyono. (2016). Skala pengukuran dan instrumen penelitian. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung. https://doi.org/10.1016/S0969-4765(04)00066-9

Zuraidah, K. M. (2016). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi mahasiswa fakultas ekonomi universitas islam negeri mulana malik ibrahim malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI. https://doi.org/10.21067/jem.v10i2.775

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-18

How to Cite

Khoirotunnisa’, A. umi, & Irhadtanto, B. (2019). Pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom Tipe traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 153–163. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484