EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KEDIRI
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran matematika yang terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Masalah tersebut disebabkan karena motivasi belajar matematika siswa yang masih kurang, sehingga penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik menyebabkan hasil belajar matematika yang tinggi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui (1) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, uji hipotesis uji analisis varian dua jalan. Berdasarkan dari analisis data, diperoleh bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar, Motivasi belajar siswa.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License