Main Article Content
Abstract
Dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia pada saat ini, pemilihan media belajaran yang tepat diharapkan mampu meningkatan efektifitas pembelajaran di kelas. Untuk itu tujuan dari kegiatan penelitian yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi terutama pada masa pandemi covid-19. Metode penelitiannya yaitu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahap rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu digunakan juga analisis data komparatif untuk mengetahui adanya perbedaan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum dengan sesudah tindakan. Hasil penelitian yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari setiap siklusnya, pada siklus pra tindakan ketuntasan klasikan sebesar 76%, mengalami kenaikan pada siklus pertama menjadi 81%, dan siklus ke-2 mengalami kenaikan menjadi 87%. Dan hasil dari uji komparatif menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum-sesudah adanya penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi. Sehingga pembelajaran akuntansi dengan menerapkan media belajar whatsapp dapat berjalan dengan efektif
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afnibar, A., & Fajhriani, D. N. (2020). Pemanfaatan WhatsAPP sebagai Media Komunikasi Kegiatan Belajar ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11, 70–83. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/download/1501/1122
- Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/499/494
- Aulianto, D. R. (2019). Whatsapp Sebagai Media Komunikasi. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 150. https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.1031
- KPCPEN, (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemuliahn Ekonomi Nasional). (2021). Pasien Sembuh Terus Meningkat Mencapai 1.826.504 Orang. Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Dan Pemulihan Ekonomi Nasional. https://covid19.go.id/berita/pasien-sembuh-terus-meningkat-mencapai-1826504-orang
- Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105
- Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
- Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.
- Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 76–86. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1694/1481
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
- Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
- Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 2(2), 103–114. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
- Widyaningrum, Bakti; Surindra, B. (2018). PROBLEM BASED LEARNING APPLICATION USING LESSON STUDY APPROACH TO IMPROVE THE EFFECTIVENESS OF MATHEMATICAL ECONOMIC LEARNING. European Journal of Education Studies, 5(6), 244–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.1495337