Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Diagnostik Mendukung Pembelajaran Diferensiasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i2.26745Keywords:
Asesmen Diagnostik, Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil BelajarAbstract
Studi ini dilandasi oleh rendahnya capaian akademik siswa yang dipicu oleh ketidaktepatan strategi pembelajaran dengan kebutuhan individual peserta didik. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pendekatan pengajaran yang fleksibel dan responsif terhadap keragaman gaya belajar, kemampuan, dan minat siswa. Sasaran utama penelitian dipergunakan mengembangkan performa belajar siswa kelas XI-12 pada mata pelajaran Ekonomi melalui implementasi asesmen diagnostik yang berfungsi menunjang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan masalah. Strategi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pelaksanaan tiga tahapan siklus. Asesmen diagnostik diterapkan pada tahap awal guna mengidentifikasi tingkat kemampuan dasar siswa sebagai acuan dalam perencanaan strategi pembelajaran diferensial. Setiap siklus mengalami pengembangan: dimulai pendekatan ceramah ditahap pertama dengan skor rata-rata 76,89. Diikuti integrasi media presentasi visual PowerPoint di tahap kedua memperoleh skor rata-rata 77,14. Dan diakhir pemanfaatan teknologi kuis interaktif (Quizziz) serta tutor sebaya di tahap III dengan skor rata-rata 80,15. Maka disimpulkan penerapan asesmen diagnostik terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis masalah berkontribusi pada perbaikan hasil belajar siswa secara signifikan.
Downloads
References
Annisa, N., Askar, A., Amin, S. M., Anirah, A., & Nasrul, N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pbl Pada Pelajaran Pai. Mumtaz : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 135–160.
Handayanti, E., Suliyanto, J., Pgri Semarang, U., & Al Madina Semarang, S. (2024). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik Di Sd Islam Al Madina Semarang. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse), 10(1), 29–41.
Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). Penerapan Diagram Vee Untuk Meningkatkanhasil Belajar Mahasiswaprogram Studi Pendidikan Biologi Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Seminar Nasional Pendidikan Ipa Ke Iii Tahun 2025, 1(1), 610–620.
Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Kelas Iv Sd Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646.
Izzati, A. Y., Sanapiah, S., & Juliangkary, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 4(1), 105–112.
Laili, I., Maulina, H., Soewardini, D., & Utami, S. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dengan Strategi Diferensiasi Proses Dan Konten Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi-1 Sman 6 Surabaya Pada Materi Matriks. Journal Of Mathematics Education Research, 2(2).
Mountcastle, A. (2010). Creating An Intercultural Learning Opportunity: Zagreb, Croatia And Plattsburgh, New York. Journal Of Educational Technology Systems, 39(2), 119–133.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas Xi Ips 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369.
Ridhiyalira, F., Rustam, & Hadiyanto. (2024). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Project Based Learning. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 679–688.
Simanjuntak, I. C., Saragih, E. T., Eka, W., Hutapea, D., Siahaan, P., Hutasoit, R. D., Siburian, R. D., & Togatorop, I. A. (2025). Telaah Perbandingan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Mudabbir Journal Research And Education Studies, 5(2), 793–807.
Sirait, J., Siahaan, M. M., Purba, R., Sibagariang, S. A., Siahaan, S. M. L., Pasaribu, S., Sirait, E. M., Manalu, D. B., Napitupulu, S., & Marpaung, T. I. (2025). Pelatihan Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru-Guru Sma Negeri 2 Pangururan. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2304–2316.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Kholipah, Muchamad Muchson, Muhammad Anas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

