Main Article Content

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa, teknik analisis data statistik deskriptif: prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian siklus pertama motivasi dan aktifitas peserta didikĀ  dengan kategori 60 % kurang dan 40 % cukup. Test hasil belajar nilai 40 % kurang dan 60 % cukup. Hal ini disebabkan peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Siklus ke dua pelaksanaan pembelajaran dengan model quantum teaching ditambah dengan metode ceramah dimana guru masih menjelaskan hal-hal yang penting menghasilkan motivasi dan aktifitas siswa 40 % berkategori cukup dan 60 % berkategori baik. Sedang test hasil belajar 40 % siswa mempunyai nilai cukup dan 60 % siswa mempunyai nilai baik. Siklus ke tiga pembelajaran model quantum teaching siklus ketiga 40 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik dan 60 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik sekali. Sedang test hasil belajar 60 % siswa mempunyai nilai baik dan 40 % siswa mempunyai nilai baik sekali. Hal ini disebabkan siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Test hasil belajar dalam bentuk ketuntasan belajar baik secara individu maupun kelas berkategori baik sekali karena mencari pengetahuan melalui motivasi dan aktifitas yang tinggi dalam pembelajaran

Keywords

Quantum teaching motivasi aktifitas prestasi belajar fasilitator

Article Details

How to Cite
Ellis, S. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM (QUANTUM TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN DASAR-DASAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 46-56. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.17300

References

  1. H. Abu, 1986. Tehnik Belajar Yang Tepat. Semarang. Yudistira.
  2. Hadari Nawawi, 1985. Metodologi Riset. Balai Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.
  3. Nana Sudjana, 1988. Metode Penelitian Pendidikan. Yogjakarta. Balai Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah mada.
  4. Robert N Gagne 1987, Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Tarsito.
  5. Suharsini Arikunto 1986, Prosedur Penelitian suatu pendekata praktek, Jakarta PT. Bina Aksara.
  6. Umar Hamalik, 1980, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar. Bandung. Tarsito.
  7. Winarno Surahmad 1979. Metode Pengajaran Nasional. Bandung IKIP Bandung .
  8. Wasis, 1977. Ilmu Ekonomi. Bandung. Tarsito.
  9. Wayan Ardana 1982, Metodologi Penelitian. Badan Penerbitan IKIP Malang