Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan Youtube terhadap perilaku belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Jenis penelitian one grup prestest post test design. Sampel penelitian kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 41 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Data perilaku belajar diperoleh dari angket perilaku belajar yang diberikan kepada kelas eksperimen serta analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menggunakan media Youtube dalam pembelajaran. Uji hipotesis dilakukan menggunakan rumus paired sample t test diperoleh  yaitu 3,129 > 1,6838 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Youtube terhadap perilaku belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 palembang. Diharapkan untuk pendidik dapat menambah inovasi dalam penggunaan media dalam pembelajaran dan mengoptimalkan penggunaan media Youtube agar peserta didik dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta meningkatkan semua indikator perilaku belajar peserta didik terutama kebiasaan mengikuti pembelajaran.

Keywords

YouTube Perilaku Belajar Kelas Eksperimen

Article Details

How to Cite
Ratna, R. W., & Fatimah, S. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 47-52. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.20487

References

  1. Agung Kresnandra, A. A. N. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Pemoderasi.E-JurnalAkuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i03.p27
  2. Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1935
  3. Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.
  4. Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mutmainnah Arham. Academia Education, 1–13.
  5. Arwin. (2020). Pengantar Ekonomi Mikro. Tamangapa Raya: Cendekia.
  6. Asrori. (2020). Psikologi Pendidikaan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada.
  7. Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada.
  8. Ayuni, Q., Rizqi, F. N., Aiyuni, F., Rahmah, N., & Fauzi, I. (2022). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Konten Edukasi Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12921
  9. Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Kompas Gramedia.
  10. Cahyono,H.(2019).Faktor-FaktorKesulitanBelajarSiswaMinJanti.Jurnal DimensiPendidikanDanPembelajaran,7(1),1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
  11. Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Banyumas: Yayasan Sanitarian Banyumas.
  12. Fathurrohman, I. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia.
  13. Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., OrbaMAnullang, S., Sentosa, L., Siahaan, A., Kussanti, D. P., P.S, T. E. A., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial : Saring sebelum sharing. Insania.
  14. Hermawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode.Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
  15. Hidayat, A. (2021a). Cara Praktis Uji Statistik dengan SPSS. Surabaya: Helath Book Publishing.
  16. Hidayat, A. (2021b). Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas-Reliablitas. Surabaya: Helath Book Publishing.
  17. Humaniora, L. M. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan EkonomiKreatif.JurnalCakrawala:Ejournal.Bsi.Ac.Id. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488
  18. Ilham, Hardianti, W. E., Raehang, & Titania, S. (2021). Studi Eksploratif Perilaku Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammad. Jurnal Edudikara.
  19. Indonesia, A. P. J. I. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od. apji.or.id
  20. Ira Yuniati, Hasmi Suyuthi, M. H. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma It Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38–47.
  21. Ismi, N., & Akmal. (2020). Dampak Game online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Civic Education.
  22. Syaparudin, Meldianus, & Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
  23. Widianti, T., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2022). Hubungan Kesulitan Belajar Dengan Gaya Belajar Selama Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips SmaN1Banjarharjo Brebes TahunPelajaran2021/2022.G-Couns:urnalBimbingan…. http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/3470%0Ahttp://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/download/3470/2066

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'