Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan google classroom dan google form sebagai media pembelajaran ekonomi sebagai pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember dengan metode kualitatif deskriptif. Efektivitas google classroom dan google form diukur dari partisipasi siswa yang nampak dari Partisipasi siswa meliputi partisipasi siswa kehadiran dan partisipasi siswa dalam mengumpulkan tugas tepat waktu. Hasil penelitian diketahui penggunaan google classroom dan google form sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi siswa selama pembelaran daring saat Pandemi Covid 19.
Keywords
Google Classroom, Google Form, Media Pembelajaran Daring
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
SUFIYAH, L. (2022). PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 3 JEMBER . Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18045
References
- Abd. Syakur, Sugirin, & Widiarni. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 475–483. https://doi.org/10.33258/biolae.v2i1.218
- Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.
- Akib, R., & Uluelang, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Self-Directed Learning (SDL) Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 74. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.699
- Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
- Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
- Covid-, M. P., Sitorus, D. S., Nugroho, T., & Santoso, B. (2020). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada. 81–88.
- Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1), 1–6.
- Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smk Negeri 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14. https://doi.org/10.26418/swadesi.v2i1.45421
- Ijah Mulyani Sihotang, & Husna, F. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Kapongan, N., Masa, P., & Covid, P. (2022). Nur Lila Diamayanti 1. 3(1), 62–69.
- Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator Through the Eyes of Classroom Teachers. The Professional Educator, 33(1), 1–12. http://myaccess.library.utoronto.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/194687907?accountid=14771%5Cnhttp://bf4dv7zn3u.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:educationalumni&rft_val_fmt=inf
- Moonma, J. (2021). Google Classroom: Understanding EFL Students’ Attitudes towards Its Use as an Online Learning Platform. English Language Teaching, 14(11), 38. https://doi.org/10.5539/elt.v14n11p38
- Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi(GP Press Group).
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat
- Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat (COVID – 19
- Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud no. 37 tahun 2020 tentang akun akses layanan pembelajaran bagi peserta didik dan tenaga kependidikan
- Santos, J. M. (2021). Google Classroom: Beyond the Traditional Setting. Problems of Education in the 21st Century, 79(4), 626–639. https://doi.org/10.33225/pec/21.79.626
- Suparman, A., Danim, S., Nirwana, N., Kristiawan, M., & Susanto, E. (2022). The Effect of Using Google Classroom and Whatsapp Applications on Learning Activities. Education Quarterly Reviews, 5(1). https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.01.434
- UTAMI, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453
- Zhafiri, L., & Ekohariadi, E. (2020). Studi Literatur Efektifitas E-Learning Melalui Edmodo Dan Google Classroom Dalam Pembelajaran Di Smk. IT-Edu: Jurnal Information Technology …, 05. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/39752