PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 3 JEMBER

Authors

  • LILIK SUFIYAH a:1:{s:5:"en_US";s:25:"UNIVERSITAS NEGERI JEMBER";}

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18045

Keywords:

Google Classroom, Google Form, Media Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan google classroom dan google form sebagai media pembelajaran ekonomi sebagai pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember dengan metode kualitatif deskriptif. Efektivitas google classroom dan google form diukur dari partisipasi siswa yang nampak dari Partisipasi siswa meliputi partisipasi siswa kehadiran dan partisipasi siswa dalam mengumpulkan  tugas tepat waktu. Hasil penelitian diketahui penggunaan google classroom dan google form sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi siswa selama pembelaran daring saat Pandemi Covid 19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Syakur, Sugirin, & Widiarni. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 475–483. https://doi.org/10.33258/biolae.v2i1.218
Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.
Akib, R., & Uluelang, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Self-Directed Learning (SDL) Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 74. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.699
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Covid-, M. P., Sitorus, D. S., Nugroho, T., & Santoso, B. (2020). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada. 81–88.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1), 1–6.
Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smk Negeri 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14. https://doi.org/10.26418/swadesi.v2i1.45421
Ijah Mulyani Sihotang, & Husna, F. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kapongan, N., Masa, P., & Covid, P. (2022). Nur Lila Diamayanti 1. 3(1), 62–69.
Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator Through the Eyes of Classroom Teachers. The Professional Educator, 33(1), 1–12. http://myaccess.library.utoronto.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/194687907?accountid=14771%5Cnhttp://bf4dv7zn3u.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:educationalumni&rft_val_fmt=inf
Moonma, J. (2021). Google Classroom: Understanding EFL Students’ Attitudes towards Its Use as an Online Learning Platform. English Language Teaching, 14(11), 38. https://doi.org/10.5539/elt.v14n11p38
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi(GP Press Group).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat (COVID – 19
Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud no. 37 tahun 2020 tentang akun akses layanan pembelajaran bagi peserta didik dan tenaga kependidikan
Santos, J. M. (2021). Google Classroom: Beyond the Traditional Setting. Problems of Education in the 21st Century, 79(4), 626–639. https://doi.org/10.33225/pec/21.79.626
Suparman, A., Danim, S., Nirwana, N., Kristiawan, M., & Susanto, E. (2022). The Effect of Using Google Classroom and Whatsapp Applications on Learning Activities. Education Quarterly Reviews, 5(1). https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.01.434
UTAMI, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453
Zhafiri, L., & Ekohariadi, E. (2020). Studi Literatur Efektifitas E-Learning Melalui Edmodo Dan Google Classroom Dalam Pembelajaran Di Smk. IT-Edu: Jurnal Information Technology …, 05. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/39752

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 3 JEMBER . (2022). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18045

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.