Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adanya perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dengan daring asinkronus menggunakan metode 5M merdeka belajar dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen soal belajar pretest postest, dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dan data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dengan daring asinkronus menggunakan metode 5M merdeka belajar dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa di MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran daring Sinkronus lebih efektif untuk meningkatkan belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran daring Asinkronus. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi tenaga pendidik untuk dapat lebih mempertimbangkan jenis dan media dalam melakukan proses pembelajaran daring serta menerapkan pretest postest untuk mengukur keberhasilan suatu pembelajaran. Diharapkan tenaga pendidik dapat membuat pembelajaran lebih efektif sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan

Keywords

Sinkronus Asinkronus Efektivitas Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
yefi, Y. I. W., Fahimul Amri, & Fahimul Amri. (2022). PERBEDAAN PEMBELAJARAN DARING ASINKRONUS DENGAN SINKRONUS METODE 5M MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA DI MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 30-38. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.17981

References

  1. Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111-120.
  2. Ana, I. N. D. A. (2021). Penggunaan Animasi “Mang & Ming” Melalui Konsep 5M Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Laundry di SMK Negeri 1 Bebandem pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). LAMPUHYANG, 12(1), 107-121.
  3. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
  4. Kamil, P. M. & Nuryadin, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp (WA) Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).
  5. Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi. EDISI, 2(2), 366-377. Maurensyiah. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh dengan 5M. https://blog.kampusgurucikal.com/ pembelajaran-jarak-jauh/
  6. Maurensyiah. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh dengan 5M. https://blog.kampusgurucikal.com/ pembelajaran-jarak-jauh/
  7. Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
  8. Nugraha, W. (2017). E-Learning Vs I-Learning. Penyempitan Makna ELearnng dan Penggunaan Istilah Internet-Learning. Jakarta: PT Medika.
  9. Perveen, A. (2016). Synchronous and asynchronous e-language learning: A case study of virtual university of Pakistan. Open Praxis, 8(1), 21-39.
  10. Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
  11. Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54.
  12. Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan daring selama pandemi covid-19 mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).
  13. Sulistio, A. (2021). Peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam penerapan pembelajaran sinkron dan asinkron melalui google classroom, google meet dan aplikasi e-learning. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 63-69.
  14. Widiantari, A. A. K. A., Wesnawa, I. G. A., & Mudana, I. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous Dan Sinkronous Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 151-160.
  15. Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'